Comscore Tracker

Teror Virus Corona, Ratusan Warga Jepang Masih Tertahan di Wuhan

Jepang baru evakuasi 206 warganya

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 650 warga negara Jepang di Wuhan, Tiongkok, berharap kembali ke tanah air demi menghindari penyebaran wabah virus Corona. Pemerintah Jepang baru berhasil mengangkut 206 warga negaranya menggunakan pesawat sewaan yang baru saja mendarat di Bandara Haneda, Tokyo, Selasa (29/1).

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pemerintahnya telah mempertimbangkan segala cara, untuk membawa seluruh warga negaranya pulang ke tanah air.

Baca Juga: Kisah Dosen UB Nyaris Tertahan di Kota Wuhan karena Virus Corona

1. Ratusan warga asal Jepang belum dievakuasi

Teror Virus Corona, Ratusan Warga Jepang Masih Tertahan di WuhanPeta pemantau penyebaran virus Corona secara online.

Pemerintah Jepang belum berhasil membawa seluruh warga negaranya pulang kembali ke tanah air. Saat ini baru 206 orang yang telah berhasil dipulangkan ke negeri Sakura itu.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, ada sebanyak 650 warga negara Jepang yang berharap dapat kembali ke tanah air.

2. Pemerintah Jepang mengupayakan penerbangan tambahan

Teror Virus Corona, Ratusan Warga Jepang Masih Tertahan di WuhanInfografis virus Corona yang telah menyebar ke 13 negara, selain Tiongkok, pada 28 Januari 2020. (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemerintah Jepang masih mengupayakan penerbangan tambahan, untuk mengevakuasi ratusan warga negaranya yang masih terisolasi di kota Wuhan, Tiongkok.

"Pemerintah sedang berupaya menyiapkan penerbangan tambahan untuk menerbangkan 650 orang yang masih berada di Wuhan," kata Toshimitsu, seperti dilansir Antara.

3. Korban wabah virus Corona terus bertambah

Teror Virus Corona, Ratusan Warga Jepang Masih Tertahan di WuhanPenanganan pasien diduga terpapar virus Corona di RSHS Bandung. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Virus Corona masih mengancam dunia. Beberapa negara telah terinfeksi virus mematikan ini. Lebih dari 130 orang di Wuhan, Tiongkok telah menjadi korban jiwa akibat wabah ini.

Data penyebaran virus Corona per Rabu (29/1) menyebutkan, di Jepang sebanyak tujuh orang positif terjangkit virus yang disebut-sebut berasal dari kelelawar dan ular ini.

Belasan negara lain juga sudah terjangkit antara lain Thailand 14 orang, Hong Kong 8, Taiwan 8, Jepang 7, Makau 7, Malaysia 7, Singapura 7, Australia 5, Amerika Serikat 5, Prancis 4, Jerman 4, Korea Selatan 4, Kanada 2, Vietnam 2, Kamboja 1, Nepal 1, dan Sri Lanka 1.

Teror Virus Corona, Ratusan Warga Jepang Masih Tertahan di WuhanIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Korban Meninggal Virus Corona Jadi 132 Orang, Jepang Jemput 206 Warganya

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya