Comscore Tracker

Debat Capres 2019, Jokowi dan Sandiaga Lebih Dominan Hingga Sesi 2

Sandiaga banyak memaparkan contoh-contoh kasus

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, lebih mendominasi jalannya debat capres hingga segmen kedua. Ia lebih aktif menjawab pertanyaan dan menyanggah pertanyaan lawannya, ketimbang calon presidennya Prabowo Subianto.

Hal sebaliknya justru terjadi di paslon nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo lebih mendominasi jalannya debat. Sedangkan pasangannya, KH Ma'ruf Amin, terlihat lebih pasif dan hanya sesekali melontarkan jawaban.

Dalam menjawab pertanyaan, Sandi banyak memaparkan contoh-contoh kasus yang terjadi di lapangan yang dianggapnya belum tersentuh program Jokowi. Salah satunya adalah mengenai isu penyetaraan disabilitas. Bahkan ia menyebutkan salah satu orang berkebutuhan khusus yang sukses dalam membangun usaha.

"Seseorang yang saya temui bukan minta lapangan kerja, tapi menciptakan lapangan kerja. Ia bahkan menjadi mentor bisnis online dan ratusan murid. Kesetaraan tadi bukan hanya kesetaraan akses infrastruktur atau akses pendidikan dan kesehatan, tapi juga akses untuk bisa melaju mendapat peluang untuk membuka lapangan pekerjaan," kata Sandi.

Hal itu langsung diamini Jokowi. Menurutnya contoh seperti yang disampaikan Pak Sandi merupakan salah satu contoh kesetaraan yang ia maksud. Menurutnya, pihaknya tetap sangat menghargai semua prestasi yang telah dikerjakan orang berkebutuhan khusus.

Baca Juga: Masuki Arena Debat, Jokowi dan Prabowo Disambut Riuh Pendukung

Topic:

  • Sunariyah

Just For You