Ditjen Imigrasi Pastikan Agnez Mo Masih WNI

Agnez Mo tak pernah mengajukan pencabutan kewarganegaraan

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM memastikan, Agnez Monica atau Agnez Mo masih warga negara Indonesia (WNI). Status WNI Agnez diketahui setelah Imigrasi memverifikasi data penyanyi kondang itu.

"Status Agnez masih WNI, itu sudah kami cek," kata Kasubbag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Sam Fernando, kepada IDN Times, Selasa (26/11) malam.

Baca Juga: Guru Besar UI Minta Imigrasi Segera Cek Kewarganegaraan Agnez Mo 

1. Paspor Agnez Mo masih berlaku sampai 4 Februari 2021

Ditjen Imigrasi Pastikan Agnez Mo Masih WNIinstagram.com/agnezmo/

Ditjen Imigrasi merespons cepat dengan mengecek paspor Agnez Mo. Menurut Sam, paspor mantan penyanyi cilik itu dikeluarkan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angles, Amerika Serikat, dan masih berlaku sampai 4 Februari 2021.

Jawaban itu langsung menjawab keraguan sebagian pihak akan status kewarganegaraan Agnez Mo. Terlebih, perempuan yang pernah menempuh pendidikan tinggi di Universitas Pelita Harapan tersebut tak pernah mengajukan pencabutan kewarganegaraan.

2. Agnez Mo tak pernah mengajukan untuk mencabut kewarganegaraan

Ditjen Imigrasi Pastikan Agnez Mo Masih WNIInstagram/agnezmo

Menurut Sam, setiap orang yang akan mencabut kewarganegaraannya pasti tercatat di Ditjen Imigrasi. Sebab, tak gampang bagi setiap orang mencabut status WNI-nya. Mereka butuh proses yang panjang sebelum akhirnya memutuskan berganti paspor. Agnez Mo sendiri tak pernah ada dalam catatan tersebut.

"Pemohon diwajibkan melaksanakan pelaporan terhadap Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yaitu dengan cara menulis surat tentang permohonan pencabutan kewarganegaraannya. Lalu masih ada lagi prosesnya, masih cukup panjang," ujar Sam.

3. Agnez Mo membuat pernyataan kontroversial dengan menyebut dirinya hanya lahir di Indonesia

Ditjen Imigrasi Pastikan Agnez Mo Masih WNIinstagram.com/@agnezmo

Agnez Mo menjadi sorotan setelah pernyataannya baru-baru ini dalam wawancara BUILD Series. Dia mengatakan, tidak memiliki darah Indonesia, dan hanya berdarah Jerman, Jepang, dan China. Menurut Agnez, dia hanya lahir di Indonesia.  

Pernyataan Agnez ini kontan menimbulkan pro kontra. Merespons kehebohan ini, pada Selasa (26/11), Agnez mengunggah cuplikan video rekaman wawancara dia di akun Instagramnya, yang menyatakan dirinya tumbuh dalam budaya beragam dan memperjuangkan inklusivitas budaya.  

"Bhinneka Tunggal Ika artinya bersatu dalam keberagaman. Senang rasanya ketika saya dapat berbagi sesuatu tentang asal usul dan negaraku," ujar Agnez dalam video wawancara tersebut.

Baca Juga: Ngaku Bukan Berdarah Indonesia, Moeldoko Berencana Undang Agnez Mo

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya