Eks Pemain Timnas Sambangi Kediaman Ma'ruf Amin, Ini Maksudnya

Ponaryo datang bukan atas nama APPI

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menerima kunjungan dari eks pemain timnas yang juga Ketua Asosisasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Minggu (13/1).

Kedatangan pemain yang kerap disapa Popon tersebut bertujuan mewakili sekelompok pemain untuk bersilaturahmi ke kediaman Ma'ruf. Pengamat sepakbola itu pun enggan menjawab pertanyaan wartawan dan langsung meninggalkan kediaman Ma'ruf.

Baca Juga: TKN: Ada Pelatihan Khusus untuk Ma'ruf Amin Jelang Debat

1. Ponaryo Astaman datang ke rumah Ma'ruf bukan dalam rangka mendukungnya di pilpres 2019

Eks Pemain Timnas Sambangi Kediaman Ma'ruf Amin, Ini MaksudnyaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali yang memfasilitasi Popon untuk bertemu Ma'ruf mengungkapkan, kedatangan eks punggawa Borneo FC ini tak ada kaitannya dengan deklarasi dukungan. Menurutnya, Popon datang hanya untuk menyampaikan keinginan pemain-pemain untuk menggelar laga amal di Banten.

"Ini bukan dalam rangka dukung-mendukung. Teman-teman pemain bola menyampaikan bahwa mereka akan menggelar laga amal, karena bencana tsunami yang terjadi di Banten baru-baru ini," kata Akmal kepada wartawan.

2. Akmal membantah ada agenda politik di balik laga amal

Eks Pemain Timnas Sambangi Kediaman Ma'ruf Amin, Ini MaksudnyaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Akmal pun membantah agenda pertandingan di Banten nanti jadi agenda terselubung para pemain, untuk mendukung pasangan calon nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin pada pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendatang.

"Tak ada kaitannya mereka (pemain bola) untuk mendukung siapa pun. Kedatangannya untuk meminta izin kepada Ma'ruf untuk menggelar laga amal, kebetulan Beliau sesepuh Banten dan bencana yang terjadi ada di sana, jadi sekadar ngobrol saja," beber Akmal yang juga menjadi juru bicara laga amal nanti.

3. Ponaryo datang bukan mewakili APPI atau organisasi manapun

Eks Pemain Timnas Sambangi Kediaman Ma'ruf Amin, Ini Maksudnyainstagram.com/kurniawanqana

Pria yang juga pernah menjadi CEO klub jebolan Liga Premier Indonesia (LPI), Tangerang Wolves itu menegaskan, Popon tak mewakili organisasi manapun dalam menggelar laga amal nanti. Jadi, kata Akmal, Popon pun datang bukan atas nama APPI.

4. Ma'ruf Amin apresiasi keinginan pemain bola menggelar laga amal

Eks Pemain Timnas Sambangi Kediaman Ma'ruf Amin, Ini MaksudnyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait rencana tersebut, kata Akmal, Ma'ruf mengapresiasi keinginan para pemain untuk menggelar laga amal.

"Disambut positif dan apresiatif oleh Abah (Ma'ruf Amin). Bahkan ia memberi ide untuk pemain melelang jersey, untuk salah satu sumber pendanaan untuk disumbangkan nanti," ujar dia.

5. Laga amal akan digelar Februari mendatang

Eks Pemain Timnas Sambangi Kediaman Ma'ruf Amin, Ini MaksudnyaInstagram/@ponaryo11astaman

Rencananya, laga amal akan digelar pada 10 Februari 2019 di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten. Hanya saja, belum jelas pemain mana saja yang nantinya akan terlibat dalam laga tersebut.

Mudah-mudahan laga amal ini murni sebagai bentuk dukungan bagi masyarakat Banten yang terkena musibah tsunami. Publik tentu tak ingin agenda kemanusiaan jadi ajang aji mumpung, untuk menggalang dukungan dan memanfaatkan mobilisasi masa untuk kepentingan lain.

Baca Juga: Adik Ahok Merespons Permintaan Maaf  Ma'ruf Amin, Apa Katanya? 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya