Hima Persis Tuntut Kasus Tewasnya 2 Mahasiswa Kendari Diusut Tuntas

#MillennialBergerak #LawanArogansiDPR

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa yang tergabung dalam Hima Persatuan Islam (Persis) kembali menggelar demonstrasi ke depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (1/10). Selain menuntut dicabutnya UU yang dinilai bermasalah, mereka juga ingin pemerintah segera menyelesaikan dengan tuntas kasus pelanggaran HAM, termasuk kasus meninggalnya dua mahasiswa di Kendari yang tewas saat demonstrasi.

"Pelanggaran HAM harus bisa diminimalisir, saya kira tewasnya korban harus diusut dengan tuntas dan kita prihatin dengan kejadian itu. karena belum ada titik temu, negara harus mengambil langkah cepat," kata Ketua Hima Persis DKI Jakarta, Ilham Nur Hidayatullah kepada IDN Times.

Selain itu, mereka juga mendesak kepada DPR untuk terlibat aktif ikut mendorong dalam mengusut tuntas kasus HAM itu. Sebab, menurut Ilham, kejadian yang menimpa kawan-kawan di Kendari itu hanya penyampaian aspirasi saja dan itu harus dilindungi secara hukum.

Lebih jauh, Hima Persis berharap pihak kemanan yang melakukan penjagaan di lapangan tak bersifat represif dan menahan diri. Hal itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang beresiko lebih meluas lagi.

Sebagaimana diketahui, Hima Persis sendiri mengaku menurunkan sekitar 300 anggotanya baik dari DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk melakukan demonstrasi hari ini. Mereka akan bergabung dengan mahasiswa lain untuk aksi tersebut.

Ikuti terus perkembangan terkini seputar aksi demo hari ini hanya di IDN Times.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Hima Persis Ikut Menggeruduk Gedung DPR

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya