Comscore Tracker

KPU dan Panelis Bahas Materi Debat Cawapres, Tidak Ada Kisi-kisi Soal

Format debat capres-cawapres ketiga sama seperti sebelumnya

Jakarta, IDN Times - Lima hari jelang debat Pilpres ketiga, Komisi Pemilihan Umum  (KPU) menggelar Forum Group Discussion (FGD). Dalam pertemuan yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (12/3), peserta FGD membahas mengenai materi pembuatan soal untuk debat calon wakil presiden (cawapres).

"KPU dan panelis mengadakan diskusi terbatas. Keduanya membahas mengenai hal-hal yang lebih teknis terkait tugas panelis dalam menyusun materi debat," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Baca Juga: Debat Capres Ketiga, TKN Siapkan Pakar Profesional

1. FGD dilakukan untuk memperkaya informasi panelis dalam menyusun soal debat

KPU dan Panelis Bahas Materi Debat Cawapres, Tidak Ada Kisi-kisi SoalIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berdasarkan pantauan IDN Times, FGD dimulai pukul 15.30 WIB. Agenda tersebut dihadiri oleh moderator debat ketiga, Putri Ayuningtyas dan Alvito Dinova, beberapa narasumber dari pelbagai kalangan dan sembilan panelis.

"KPU menyelenggarakan agenda FGD yang dihadiri oleh beberapa narasumber dan juga sembilan orang panelis. Kita berharap melalui FGD ini akan lebih memperkaya informasi pada panelis untuk menyusun soal materi debat cawapres yang ketiga," ujar dia.

2. Panelis punya waktu tiga hari menyusun soal debat

KPU dan Panelis Bahas Materi Debat Cawapres, Tidak Ada Kisi-kisi SoalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Wahyu menambahkan, FGD hanya dilaksanakan sehari saja. Setelah itu kedua pihak langsung menggeber persiapan untuk merumuskan dan menyusun soal untuk digunakan pada debat yang dilaksanakan 17 Maret mendatang.

"Waktu FGD hanya hari ini saja, kemudian dilanjutkan selama tiga hari untuk menyusun soal debat," beber dia. Besok, dia melanjutkan, seluruh panelis sudah mulai menyusun soal yang akan diberikan kepada peserta debat.

3. Format debat akan tetap sama seperti sebelumnya

KPU dan Panelis Bahas Materi Debat Cawapres, Tidak Ada Kisi-kisi SoalANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Disinggung mengenai berapa pertanyaan yang disiapkan untuk debat nanti, Wahyu belum bisa memastikan. Sebab, semua hal teknis mengenai itu sedang dibahas oleh panelis dan KPU. Yang pasti ia memastikan format yang diterapkan dalam debat nanti sama seperti sebelumnya.

"Kalau format dan mekanisme debat relatif tak ada perubahan. Tetap akan berjalan dengan durasi dua jam, terbagi dalam enam sesi, dan nanti masih ada pertanyaan yang dibuat panelis kemudian ada juga pertanyaan antar kandidat sendiri," terang Wahyu.

4. KPU tak berikan kisi-kisi soal

KPU dan Panelis Bahas Materi Debat Cawapres, Tidak Ada Kisi-kisi SoalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Pada debat kali ini, soal dipastikan bersifat rahasia. Jadi semua peserta tak akan diberi kisi-kisi soal sebelum debat berlangsung seperti debat kedua lalu.

"Soal ini bersifat rahasia, kami juga sampaikan kepada panelis, soal ini rahasia akan disampaikan kepada KPU H-1, yang oleh KPU akan dilanjutkan kepada moderator," tukasnya.

Debat cawapres rencananya akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, dan akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, dan CNN TV Indonesia.

Baca Juga: PDIP Klaim Elektabilitas Jokowi Melesat Usai Debat Capres Kedua

Topic:

  • Sunariyah

Just For You