Nyatakan Dukungan, Kiai Sarang Rilis Buku 'Memilih Jokowi-KH Maruf'

KH Said pakai perspektif fikih & usul fikih pilih paslon 01

Jakarta, IDN Times - Banjir dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo - KH Ma'ruf Amin, dari kalangan kyai belum berhenti. Kali ini giliran pengasuh Pondok Pesantren Ma'hadul Ulumi Sar'yah (MUS) Sarang Rembang, KH Said AR, yang mendeklarasikan dukungannya.

Tak hanya menyatakan dukungan saja, KH Said meluncurkan buku dengan judul 'Memilih Ir Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin Prespektif Fikih'. Bahkan, dalam bukunya tersebut, KH Said menyertakan berbagai alasan dalam perspektif fikih dan usul fikih yang membuat Jokowi-KH Ma'ruf itu wajib dipilih umat muslim Indonesia.

1. KH Said sebut Jokowi- KH Ma'ruf merupakan bagian dari kepemimpinan ulama

Nyatakan Dukungan, Kiai Sarang Rilis Buku 'Memilih Jokowi-KH Maruf'ANTARA/Desca Lidya Natalia

KH Said menjelaskan, dalam buku tersebut juga mengutip sejumlah pendapat ulama terkait sosok pemimpin yang tepat untuk dipilih. Hal itu, katanya, bisa dijadikan rujukan bagi umat untuk menentukan pilihan yang tepat dalam pemilihan presiden edisi kali ini.

"Pasangan Jokowi-KH Ma'ruf merupakan bagian dari kepemimpinan ulama, walaupun bagian ulama ada di wakilnya. Ada kaidah yang berbunyi, 'bila sesuatu dapat ditemukan semua, maka tak boleh ditinggalkan semua', sehingga kita perlu memilih pasangan yang ada unsur silaturahmi," kata KH Said seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Jelang Debat Capres 2019, Djoko Santoso Enggan Bahas Persiapan Prabowo

2. KH Said: Ulama harus diposisikan paling tinggi

Nyatakan Dukungan, Kiai Sarang Rilis Buku 'Memilih Jokowi-KH Maruf'IDN Times/Imron

Menurut KH Said, ulama tak cuma dibatasi sebagai imam salat saja. Ia menyebut baik itu di pemerintahan, maupun di tempat lainnya, ulama harus diposisikan paling tinggi dalam berbagai hal.

Ulama kali ini memang baru bisa memposisikan diri sebagai wakil presiden saja. Oleh sebab itu, KH Said meminta pilih yang ada terlebih dahulu (mewakili ulama). Sebab, sambungnya, memilih mereka merupakan bagian dari penghormatan umat terhadap ulama.

3. Ketum PPP sebut kiai percaya paslon nomor urut 01 pasangan ideal

Nyatakan Dukungan, Kiai Sarang Rilis Buku 'Memilih Jokowi-KH Maruf'IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Menyerap dukungan yang terus mengalir terutama dari kalangan Kyai bagi paslon nomor urut 01, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy pun menanggapi positif.

"Para kiai meyakini bahwa Paslon 01 merupakan pasangan ideal untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan," ujar Rommy.

4. Sejumlah kiai dan santri sudah deklarasikan dukungan bagi Jokowi-KH Ma'ruf

Nyatakan Dukungan, Kiai Sarang Rilis Buku 'Memilih Jokowi-KH Maruf'IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, sejumlah kiai memang memastikan dukungannya untuk paslon nomor urut 01 tersebut, salah satunya adalah Jaringan Kyai Santri Nasional (JKSN) yang mendeklarasikan dukungannya untuk Jokowi-KH Ma'ruf di Jember 22 November 2018 lalu. Selain itu, ada juga dukungan dari kiai sepuh NU macam, KH Miftahul Akhyar, KH Anwar Manshur, KH Zainuddin Djazuli, KH Anwar Iskandar, KH Abdullah Kafabih dkk.

Selanjutnya, ada juga deklarasi dukungan dari Gu dan Lora (putra kiai) untuk Jokowi-Ma'ruf. Organisasi yang mengatasnamakan Cawagis dan Himpunan Lora Madura (Hilma) ini melakukan deklarasi di hadapan Ketua TKD Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin pada 1 Februari 2019 kemarin.

Baca Juga: Debat Kedua, Dahnil: Prabowo Bawa Solusi, Jokowi Bawa Beban

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya