Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga Jakarta

Salah satunya menunda resepsi pernikahan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta tidak panik menghadapi virus corona. Namun ia juga mengingatkan agar sekali-sekali menganggap enteng virus yang telah menyebar ke berbagai negara ini. 

"Pencegahan penularan Covid-19 tak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, seluruh warga harus bekerja bersama. Penularan ini terjadi karena interaksi dari orang ke orang. Karena itu kita semua harus ambil tanggung jawab, terlibat, mencegah," kata Anies pada Minggu (15/3).

Anies pun membeberkan beberapa anjuran kepada warga Jakarta, salah satunya dengan yang biasa disebut social distancing measure, yakni menjaga jarak antar warga, mengurangi perjumpaan, hingga menghindari kontak fisik.

1. Warga Jakarta diminta tak keluar rumah

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga Jakarta(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Anies minta warga Jakarta untuk jangan keluar rumah kecuali amat penting. Sebisa mungkin kerjakan pertemuan secara jarak jauh. Jalankan ini dengan serius untuk seluruh anggota keluarga. Selamatkan diri sendiri, selamatkan keluarga, dan itu artinya menyelamatkan orang banyak.

2. Warga Jakarta diminta hindari tempat-tempat keramaian

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga JakartaIDN Times/Candra Irawan

Anies juga meminta warga Jakarta menghindari tempat-tempat yang berpotensi jadi wahana penularan. Misalnya kawasan penuh pengunjung atau kegiatan yang berdirinya atau duduknya, saling berdekatan.

3. Tunda kegiatan warga yang bisa mengumpulkan orang banyak

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga JakartaRiuhnya pendukung Timnas Indonesia saat menyaksikan tim kesayangan sedang bertanding. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Tunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak. Walaupun kegiatannya mulia baik dan dirasa perlu, tapi jika tidak urgent maka tunda saja. Misalnya, arisan, pengajian, rapat-rapat, majelis talim dsb. Tunda dulu sampai waktu saat ini sudah bisa terkendali.

4. Kegiatan keagamaan untuk sementara waktu dilakukan di rumah

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga JakartaIDN Times/Galih Persiana

Terkait dengan kegiatan keagamaan, dalam kondisi seperti ini lakukan kegiatan di rumah saja. Tunda semua kegiatan yang sifatnya bersama-sama sampai penularan Covid-19 telah terkendali dengan baik.

5. Anies ajukan syarat jika warga gelar resepsi

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga JakartaIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tunda kegiatan resepsi. Jika resepsi pernikahan memang harus dilaksanakan maka penyelenggara harus melakukan langkah tegas dan disiplin.

Mereka harus mempersiapkan petugas pemeriksa suhu tubuh para tamu masuk ruangan acara. Lalu sediakan ruang isolasi bagi tamu yang bila ditemukan tidak sehat bisa diantarkan ke ruangan itu.

Harus ada hand sanitizer di pintu masuk dan pintu keluar. Tidak boleh ada jabat tangan. Lakukan interaksi secara tanpa bersentuhan.

"Saya berpesan kepada semua penyelenggara pernikahan. Prosedur itu harus dilaksanakan dengan disiplin. Jangan merendahkan risiko penularan," ujar eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

6. Anak-anak diminta tetap di rumah saat kegiatan belajar di sekolah ditiadakan

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga JakartaANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Anies juga mengajak bagi para orang tua untuk mengingatkan kepada anak-anak agar tidak bepergian. Saat ini risiko penularan sedang tinggi. Ditiadakannya kegiatan belajar di sekolah, ditiadakannya perkuliahan di kampus, jangan dianggap sebagai masa liburan.

Tujuannya adalah agar semua kita bisa berada di rumah. Jadi jangan bepergian, jangan membuat kegiatan bersama di luar rumah walaupun sekolah tidak berkegiatan.

7. Warga Jakarta diminta tak bepergian dulu ke luar kota

Wabah Virus Corona, Ini 7 Pesan Anies Buat Warga JakartaANTARA FOTO/Aji Styawan

Terakhir, Anies berpesan kepada semua usahakan tidak bepergian ke luar kota. Tunda rencana pulang kampung sampai kondisi penularan terkendali.

Jangan sampai ada di antara orang-orang yang pulang kampung dan tanpa disadari justru membawa virus tersebut ke kampung halaman atau ke wilayah lain, karena Jakarta saat ini merupakan salah satu tempat di mana virus tersebut telah menular dari satu pribadi ke pribadi lain.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya