Comscore Tracker

Yuk, Kenalan Sama Dua Moderator di Debat Ketiga!

Putri dan Alfito sudah melakukan komunikasi secara intens

Jakarta, IDN Times - Sosok moderator dalam debat selalu menjadi pusat perhatian. Selain wajib menguasai alur perdebatan, seorang moderator juga harus menguasai forum dan mampu menyampaikan pertanyaan secara lugas kepada peserta Debat.

Wajar jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemudian begitu selektif memilih nama moderator dalam debat Capres 2019, tak terkecuali pada debat edisi ketiga yang akan digelar 17 Maret mendatang.

Pada debat ini, KPU menunjuk Putri Ayuningtyas dan AlvitoDeanovaGinting. Dua nama tersebut diputuskan melalui kesepakatan KPU dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) JokowiMa'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Putri dan Alvito Deanova merupakan nama yang sudah tak asing lagi di dunia jurnalistik Tanah Air. Mereka dikenal sebagai presenter yang sering wara-wiri di televisi. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai sosok keduanya, berikut profil Putri dan Alvito Deanova:

1. Putri sudah menjadi jurnalis sejak 2008

Yuk, Kenalan Sama Dua Moderator di Debat Ketiga!instagram/@putrigrimaldy

Putri Ayuningtyas mengawali karier sebagai jurnalis di Metro TV pada 2008 silam. Saat itu perempuan kelahiran Subang tersebut memulai kariernya sebagai reporter selama setahun.

Tepat tahun 2009, Putri akhirnya mendapatkan kepercayaan baru sebagai news anchor di stasiun tv yang sama. Di sana kariernya semakin menanjak karena dipercaya untuk mengisi pelbagai program, mulai dari Wide Shot, Metro Hari Ini, Top News, Metro Highlight, hingga Metro This Week. Wajar jika namanya semakin dikenal sebagai pembawa cara berita Indonesia.

Usai tujuh tahun mengabdi, perempuan berusia 32 tahun itu memilih hengkang ke stasiun tv lainnya. Ia pindah ke CNN Indonesia bersama Desi Anwar, Indra Maulana, Desi Anwar, dan kolega lainnya.

Baca Juga: Cegah Kericuhan di Debat Pilpres Ketiga, KPU Bentuk Komite Damai

2. Putri sudah menyiapkan diri menjadi moderator

Yuk, Kenalan Sama Dua Moderator di Debat Ketiga!instagram/@putrigrimaldy

Putri memastikan dirinya siap memandu acara debat yang akan dilaksanakan empat hari lagi. Ia pun mengakui sudah mempersiapkan segalanya, termasuk menjalin komunikasi intensif dengan partner-nya, Alfito Deanova.

"Saya dan Fito sebetulnya sudah sering bareng. Tapi sekarang semakin intens karena bagaimanapun harus menyamakan visi dan misi dulu," kata Putri kepada IDN Times, saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (12/3).

Namun, Putri menyebut tak ada persiapan khusus yang dilakukan walau agenda ini dianggapnya sangat istimewa. Sebab, lanjut dia, masih banyak kegiatan lain yang harus ia ikuti juga di samping menjadi moderator debat ketiga.

"Kalau persiapan khusus tidak ada karena memang kami pun masih disibukkan dengan pekerjaan masing masing. Kami juga disibukkan dengan kegiatan KPU dan panelis. Tapi, kata Putri dirinya memastikan akan allout, sebab ini merupakan agenda yang spesial.

3. Sudah 20 tahun Alfito Deanova berkiprah sebagai jurnalis

Yuk, Kenalan Sama Dua Moderator di Debat Ketiga!instagram/@alfitodeannovagintings

Sementara, sosok lain yang jadi rekan Putri, yakni Alfito sudah lebih banyak dikenal namanya. Bagaimana tidak, pria asal Jakarta itu sudah mengenyam banyak pengalaman sebagai jurnalis. Sudah 20 tahun berkiprah membuatnya cukup layak dinobatkan sebagai moderator dalam debat capres kali ini.

Walau memiliki latar belakang pendidikan sebagai sarjana ekonomi, hal itu tak menyurutkan niatnya untuk berkarier sebagai jurnalis. Hal itu dibuktikannya dengan aktif sebagai penyiar di Radio Suara Kejayaan 101,6 FM sejak masih menjadi seorang mahasiswa tahun 1996.

Alfito memulai perjalanannya hidupnya sebagai seorang pembawa berita di SCTV tahun 2000. Pelbagai tugas pun sudah ia jalani mulai dari liputan peristiwa ledakan bom di kediaman Kedutaan Besar Filipina di Jakarta tahun 2000, hingga wawancara tokoh penting di Tanah Air.

Tahun 2008, Alfito mencari tantangan baru dengan pindah ke TVOne. Di sana ia dipercaya memegang program Alfito Show. Tak ayal hal itu membuat namanya semakin melambung. Namun, dia kembali memutuskan pindah usai mengabdi selama tujuh tahun. Alfito memilih hengkang ke CNN Indonesia di medio 2015.

4. Alfito sempat menjadi moderator debat pilkada DKI 2017

Yuk, Kenalan Sama Dua Moderator di Debat Ketiga!instagram/@alfitodeannovagintings

Di tengah kesibukannya sebagai anchor, Alfito juga sempat aktif menulis sebuah buku. Pada tahun 2008 ia melahirkan karya buku dengan judul Selebriti Mendadak Politik. Sebab, jelang pemilu saat itu, sejumlah selebriti ramai-ramai daftar masuk partai politik dan mencoba peruntungan menjadi calon legislatif.

Berbicara mengenai pengalamannya sebagai moderator, Alfito diketahui sudah pernah sekali memandu jalannya debat, yakni Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 silam. Pria berusia 42 tahun itu menjalankan tugasnya dengan baik saat debat terakhir sebelum pemungutan suara dilakukan.

Dalam Pilkada kala itu, tiga calon memperebutkan kursi gubernur, di antaranya, Anies Baswedan-Sandiaga, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

Baca Juga: KPU dan Panelis Bahas Materi Debat Cawapres, Tidak Ada Kisi-kisi Soal

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You