Comscore Tracker

2 Bocah Hilang Saat Berenang di Kali Bekasi, Ditemukan Tidak Bernyawa

Sahrul ikut tenggelam saat coba selamatkan Yudha

Bekasi, IDN Times - Dua bocah bernama Yudha (12) dan Sahrul (12) hilang saat berenang di Kali Bekasi, wilayah Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Minggu (7/8/2022) siang.

Kepala Kantor SAR (search and rescue) Jakarta Fazzli menjelaskan, kedua korban sedang berenang bersama teman-temanya. Korban bernama Yudha diduga kelelahan saat berenang, sementara Sahrul mencoba menyelamatkan Yudha.

"Sahrul kemudian berusaha memberikan upaya pertolongan dengan berenang menghampiri temannya (Yudha), namun nahas kedua korban terseret arus dan tenggelam," jelas Fazzli melalui keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: DBD di Kabupaten Bekasi Meningkat, Dinkes Catat Ada 667 Kasus

1. Pencarian dibagi dalam tiga tim

2 Bocah Hilang Saat Berenang di Kali Bekasi, Ditemukan Tidak BernyawaProses pencarian korban. (Dokumen SAR Jakarta)

Fazzli menjelaskan, untuk mencari dua korban pihaknya membuat tiga tim. Tim pertama melakukan pencarian Rubber Boat dengan jarak 5 KM dari lokasi kejadian. 

Tim kedua melakukan pencarian visual jalur darat dengan jarak 4 KM dari lokasi kejadian, kemudian tim ketiga melakukan pencarian dengan Aqua Eye dan USD serta dilakukan penyelaman sekitar lokasi kejadian dengan radius 10 meter.

"Pencarian tetap akan kita maksimalkan pada hari ini dengan mengerahkan seluruh kemampuan personel SAR gabungan, serta peralatan SAR yang ada di lapangan," katanya.

Selain tim SAR Jakarta, lanjut Fazzli, pihaknya bekerja sama dengan Polres Metro Kota Bekasi, Koramil Teluk Pucung, BPBD Kota Bekasi, Hirpala, Repotin (relawan porter Indonesia), BAZNAS tanggap bencana Bekasi, SAR MTA, dan DMI (Dewan Masjid Indonesia).

"Kami juga dibantu oleh komunitas dan organisasi kemanusiaan yang ada di Bekasi," katanya.

2. Kedua korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa

2 Bocah Hilang Saat Berenang di Kali Bekasi, Ditemukan Tidak BernyawaProses pengangkatan korban tenggelam di Kali Bekasi. (Dokumen SAR Jakarta)

Beberapa jam pencarian, tim kemudian berhasil menemukan Yudha dan Sahrul. Keduanya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

Fazzli mengatakan, korban ditemukan berjarak 200 meter dari lokasi awal titik tenggelam.

"Yudha ditemukan pukul 14.20 WIB dan Sahrul pukul 16.10 WIB. Kedua korban ditemukan keadaan meninggal dunia pada radius 200 meter dari lokasi kejadian," katanya.

3. Kedua korban dibawa ke RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi

2 Bocah Hilang Saat Berenang di Kali Bekasi, Ditemukan Tidak BernyawaProses pencarian korban. (Dokumen SAR Jakarta)

Perlu diketahui, Tim SAR Jakarta mendapatkan laporan terkait korban hilang pada Minggu 8 Agustus 2022 sekira pukul 14.20 WIB.

Korban atas nama Yudha ditemukan setelah 24 jam pencarian, sementara Sahrul berhasil ditemukan dua jam setelah korban pertama ditemukan.

Menurut Fazzli, kedua korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, untuk ditangani lebih lanjut.

"Korban dievakuasi menuju RSUD Kota Bekasi untuk proses selanjutnya," jelas dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya