Comscore Tracker

Asyik! Bekasi Sekarang Punya Taman Tarum Bhagasasi Kalimalang

Diresmikan Ridwan Kamil, Bekasi menjadi Kota Bahagia

Bekasi, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meresmikan Taman Tarum Bhagasasi yang beralamat di Jalan Mayor Madmuin Hasibuan, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Taman ini merupakan proyek revitalisasi Kalimalang mulai dibangun pada 2019, yang diusulkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil menyebut, Taman Tarum Bhagasasi sudah dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya warga Kota Bekasi. 

"Sekarang bisa dinikmati, mungkin nanti matahari sudah teduh di sore hari sampai malam, tempat ini tempat istirahat atau bulan puasa ngabuburit, itu juga bisa dipergunakan," jelas Kang Emil kepada wartawan, Rabu (20/4/2022). 

Baca Juga: Lindungi Hak Cipta, Kemenkumham Data KIK WBTB di Wilayah Bekasi

1. Fasilitas Taman Tarum Bhagasasi

Asyik! Bekasi Sekarang Punya Taman Tarum Bhagasasi KalimalangGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (IDN Times/Imam Fasihal)

Pantauan IDN Times di lokasi, Taman Tarum Bhagasasi terlihat estetik dan cocok untuk berfoto-foto atau menikmati waktu santai pada sore atau malam hari. 

Taman ini juga dihiasi dengan rumput-rumput dan pepohonan yang membuat mata segar memandangnya. Selain itu, di dinding juga terlihat sebuah lukisan terbuat dari keramik yang disusun. 

Kedepannya, lanjut Emil, dia juga akan membangun sebuah jembatan penghubung sisi selatan dan utara Kalimalang. 

"Akhir tahun kita coba bangun jembatan, supaya kita mau nyeberang ke sisi selatan tidak usah naik mobil muter ya, nanti jembatannya jadi icon juga," katanya. 

2. Biaya pembangunan mencapai Rp22 miliar

Asyik! Bekasi Sekarang Punya Taman Tarum Bhagasasi KalimalangTaman Tarum Bhagasasi Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Taman Tarum Bhagasasi masuk dalam pekerjaan revitalisasi dan penataan Kalimalang tahap satu. Pekerjaan revitalisasi Kalimalang akan dilakukan hingga tahap ke empat, dan menghabiskan anggaran sebesar Rp22 miliar yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). 

"Akan juga bisa dilaksanakan tahap 2,3,4 seiring Tol Becakayu juga beres, kalau dibangun baru tolnya masuk, takut nanti terbongkar lagi, rusak lagi," jelas Emil. 

3. Bekasi menjadi Kota Bahagia

Asyik! Bekasi Sekarang Punya Taman Tarum Bhagasasi KalimalangTaman Tarum Bhagasasi Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dengan adanya ruang publik yang nyaman, lanjut Ridwan, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. Menurutnya, kota yang nyaman dilihat dari warga yang memanfaatkan fasilitas publik yang disediakan pemerintah. 

"Karena ciri kota bahagia adalah orang banyak keluar menikmati ruang kota tanpa rasa takut dan merasa nyaman," ucap Ridwan Kamil. 

Baca Juga: Banyak Aksi Tawuran, KPAD Bekasi Usul Orang Tua Diberi Sanksi Sosial

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya