Basarnas Buka Unit Siaga di Bekasi, Nomor Kontaknya 115

Warga Bekasi bisa hubungi call center 115 bila membutuhkan

Bekasi, IDN Times - Badan SAR Nasional (Basarnas) membuka kantor Unit Siaga SAR di Bekasi, Jawa Barat. Kantor tersebut berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kayuringin, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli menjelaskan, kantor unit tersebut didirikan untuk mempercepat penanganan jika terdapat bencana alam di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

"Jadi Basarnas melalui Kantor SAR Jakarta mendirikan kantor ini untuk memperkuat pemerintah daerah seperti BPBD dan Damkar, sehingga sinergitas Basarnas dengan seluruh stakeholder bisa mempercepat respons masyarakat," katanya kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: Ridwan Kamil Akan Telusuri Usulan DPRD Bekasi Minta Pj. Bupati Diganti

1. Ditargetkan jarak tempuh ke lokasi 20 menit

Basarnas Buka Unit Siaga di Bekasi, Nomor Kontaknya 115Tim Basarnas Jambi melakukan pencarian warga hilang terseret arus di Sungai Batanghari/IDN Times/Dokumentasi Basarnas Jambi

Fazzli mengatakan, sebelum didirikannya kantor unit SAR di Bekasi, pihaknya harus menghabiskan waktu selama satu hingga dua jam untuk menuju lokasi di Bekasi dari kantor SAR Jakarta, yang berada di wilayah Kota Tangerang.

Dengan memiliki kantor di Bekasi, ditargetkan waktu tempuh bisa 20 menit untuk tiba di lokasi kejadian yang membutuhkan bantuan tim SAR.

"Kita berharap dengan adanya kantor di sini bisa mempercepat respons laporan dari masyarakat, kita berharap bisa di bawah 20 menit langsung melakukan aksi penyelamatan," jelasnya.

2. Siaga 10 personel setiap hari selama 24 jam

Basarnas Buka Unit Siaga di Bekasi, Nomor Kontaknya 115iLUSTRASI Tim Basarnas sebelum menuju lokasi lakalaut (Dok. Basarnas Balikpapan)

Dia juga menjelaskan, di kantor Unit Bekasi akan disiagakan 10 personel Basarnas setiap harinya selama 24 jam. Selain itu, kantor Unit Bekasi juga sudah dilengkapi peralatan penyelamatan. 

"Peralatan SAR juga tersedia seperti peralatan selam, peralatan SAR untuk di air, dan peralatan untuk menangani bencana di jalan raya dan bangunan runtuh. Kendaraan juga ada seperti truk," katanya.

"Apabila membutuhkan peralatan tambahan maupun personel, kantor SAR Jakarta akan support maupun dari kantor pusat Basarnas sendiri," tambahnya.

Baca Juga: Gara-Gara Berhenti Mendadak, Dua Truk Sampah Kecelakaan di Bekasi

3. Nomor layanan Call Center Basarnas Bekasi 115

Basarnas Buka Unit Siaga di Bekasi, Nomor Kontaknya 115Ilustrasi (IDN Times/Basarnas Makassar)

Fazzli mengatakan, jika masyarakat Bekasi membutuhkan bantuan dari Basarnas bisa langsung menghubungi Call Center agar bisa ditindaklanjuti.

"Masyarakat bisa langsung menghubungi ke Call Center kami di 115, nanti akan langsung ditindaklanjuti penanganan informasi kedaruratan yang diterima," jelasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya