Comscore Tracker

Hore! Jembatan Baru Rampung, Tak Nunduk Lagi Lewati Girder KCJB Bekasi

Jembatan lama ingin dibuat jadi wahana bermain

Bekasi, IDN Times - Masyarakat yang ingin melintas di Jembatan Jalan Antilope, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, kini tidak harus menunduk lagi saat melewatinya.

Sebab, jembatan baru yang berada tepat di sebelah jembatan lama sudah rampung dibangun dan sudah dapat dilalui. 

Perlu diketahui, jembatan baru dibuat karena girder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) milik PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) nyaris menutupi jembatan akses masyarakat yang ingin melintas.

"Hari ini adalah open traffic terkait jembatan baru sebagai pengganti jembatan yang kemarin sempat viral karena ketinggiannya hanya 1,7 meter," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Wagub Jabar: Kota Bekasi Paling Banyak Ditemukan Rokok Ilegal

1. Jembatan baru masih minim rambu lalu lintas

Hore! Jembatan Baru Rampung, Tak Nunduk Lagi Lewati Girder KCJB BekasiJembatan baru masih minim rambu lalulintas. (IDN Times/Imam Faishal).

Pantauan IDN Times di lokasi, jembatan baru belum dilengkapi rambu lalu lintas, garis marka, dan juga belum dilengkapi pagar yang saat ini baru dipasang pita berwarna kuning.

Tri mengatakan, pihaknya berharap KCIC dapat menambahkan fasilitas seperti rambu lalu lintas yang saat ini belum terpasang.

"Tadi juga saya berharap ada penambahan rambu-rambu lalu lintas dalam rangka untuk menurunkan kecepatan, jangan sampai nanti jadi kerepotan karena kondisi jalan cukup baik," jelasnya.

Saat ini, jembatan pengganti yang baru sudah dapat dilewati kendaraan dengan maksimal ketinggian mencapai 4,7 meter.

2. Jembatan lama jadi wahana bermain

Hore! Jembatan Baru Rampung, Tak Nunduk Lagi Lewati Girder KCJB BekasiJembatan lama direncanakan jadi wahana bermain. (IDN Times/Imam Faishal).

Tri juga meminta kepada KCIC untuk tidak membongkar jembatan lama, sebab akan dibuat wahana bermain bagi masyarakat sekitar lokasi.

"Kalau sekiranya itu tidak mengganggu, lebih baik jembatan (lama) tidak perlu dibongkar, nanti ditutup aja, nanti diberikan aktivitas untuk anak anak, sehingga dapat digunakan anak anak lebih optimal lagi, baik itu untuk bermain atau lainnya," jelas dia.

3. Girder kereta cepat nyaris tutup jembatan

Hore! Jembatan Baru Rampung, Tak Nunduk Lagi Lewati Girder KCJB BekasiGirder Proyek Kereta Cepat di Bekasi Nyaris Tutup Jalan. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, pada Selasa (14/6/2022) lalu girder KCIC nyaris tutup jembatan. Jarak antara jembatan dan girder hanya 1,7 meter.

Hanya sepeda motor dan kendaraan roda empat dengan tinggi di bawah 1,7 meter saja yang dapat melintasi.

Baca Juga: DBD di Kabupaten Bekasi Meningkat, Dinkes Catat Ada 667 Kasus

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya