Jelang Libur Nataru, 3 Armada Bus di Terminal Bekasi Tidak Layak Jalan

Ada 33 armada bus yang diperiksa

Bekasi, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi melakukan inspeksi keselamatan pada armada bus di Terminal Induk Kota Bekasi, Rabu (7/12/2022). 

Kasi Angkutan Dalam Trayek (ATDT) Dishub Kota Bekasi, Permana Sidik, menjelaskan inspeksi keselamatan digelar bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Kementerian Perhubungan menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru). 

"Hari ini kita melaksanakan ramp check persiapan Nataru. Kami pelaksanaan tanggal 7 hingga 9, maka dari itu kami bersama kementerian melaksanakan kegiatan tersebut," jelasnya kepada wartawan, Rabu (7/12/2022). 

1. Ada 33 armada bus yang diperiksa

Jelang Libur Nataru, 3 Armada Bus di Terminal Bekasi Tidak Layak JalanJelang libur nataru, 3 dari 33 armada bus di Terminal Bekasi tdak layak jalan. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia mengatakan, hari ini pihaknya melakukan inspeksi keselamatan ke 33 armada bus yang berada di Terminal Bekasi. Dari 33 bus, lanjut Permana, terdapat tiga armada bus yang tidak layak jalan. 

Dia juga mengatakan telah memerintahkan pemilik ketiga armada bus yang tidak layak untuk meninggalkan terminal dan melakukan perbaikan. 

"Sebanyak 33 bus diperiksa, 3 unit tidak layak jalan dalam arti harus ada perbaikan karena ada beberapa item yang harus diperbaiki," jelasnya. 

Baca Juga: Daftar 10 Ruas Tol Baru yang Bisa Dilewati saat Nataru

2. Seluruh bagian dilakukan pengecekan

Jelang Libur Nataru, 3 Armada Bus di Terminal Bekasi Tidak Layak JalanJelang libur nataru, 3 dari 33 armada bus di Terminal Bekasi tdak layak jalan. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga menyebut, pihaknya melakukan pengecekan mulai dari sabuk pengaman, jumlah kursi, alat pemadam kebakaran (apar), kualitas ban dan keselamatan kendaraan lainnya. 

"Secara teknis yang pertama dari mulai lampu penerangan, wiper, terus lampu sein terus seluruh rangka sasis, alat keselamatan serta apar," jelasnya. 

Dia menambahkan, hal ini dilakukan untuk keselamatan penumpang saat mudik natura mendatang. 

3. Mengecek kesehatan awak bus

Jelang Libur Nataru, 3 Armada Bus di Terminal Bekasi Tidak Layak JalanKasi Angkutan Dalam Trayek (ATDT) Dishub Kota Bekasi, Permana Sidik. (IDN Times/Imam Faishal)

Selain mengecek armada bus, pihaknya juga akan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk melakukan pengecekan kesehatan awak bus seperti sopir dan kondektur. 

"Kemarin sudah berkordinasi dengan pihak Dinkes untuk dilakukan pengecekam kepada awak kendaraan terutama sopir dan kondekturnya terutama saat mengemudi tidak lelah atau ngantuk," tambahnya. 

Baca Juga: Daftar 10 Ruas Tol Baru yang Bisa Dilewati saat Nataru

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya