Comscore Tracker

Lapas Bekasi Batasi Kunjungan Keluarga Warga Binaan Hanya 30 Menit

Keluarga yang akan berkunjung harus sudah vaksin booster

Bekasi, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, masih membatasi kunjungan keluarga warga binaan.

Kepala Lapas Kelas IIA Bekasi, Hensah, mengatakan pihaknya sudah menerima kunjungan keluarga warga binaan sejak satu bulan lalu. Namun untuk saat ini, yang dapat berkunjung hanyalah keluarga inti dari warga binaan.

"Sudah hampir satu bulan (dibolehkan berkunjung), namun yang berkunjung masih keluarga inti seperti bapak, ibu, anak dan istri," katanya kepada jurnalis saat ditemui usai upacara Hari Jadi Kemenkumham di Lapas Bekasi, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: 2.615 Narapidana Rutan dan Lapas Salemba Dapat Remisi HUT ke-77 RI

1. Setiap harinya Lapas Bekasi terima kunjungan keluarga hingga 40 orang

Lapas Bekasi Batasi Kunjungan Keluarga Warga Binaan Hanya 30 MenitLapas Kelas II A Bulak Kapal Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Hensah menjelaskan pihaknya hanya menerima kunjungan keluarga warga binaan pada Senin hingga Kamis, dengan jam kunjungan paling lama 30 menit. Pada Jumat hingga Minggu, lapas hanya menerima titipan makanan dan barang keperluan warga binaan.

"Kalau pagi dari jam 09.00 sampai 11.00 siang, untuk sore jam 13.00 sampai jam 15.00 sore, dari Senin sampai Kamis," jelasnya.

Hensah menjelaskan, dalam sehari pihaknya menerima keluarga hingga 40 orang setelah dibolehkan kunjungan oleh Direktorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen Kemenkumham).

"Setiap hari hanya 30 hingga 40 narapidana saja yang dikunjungi (keluarganya)," jelasnya.

2. Keluarga wajib vaksin booster

Lapas Bekasi Batasi Kunjungan Keluarga Warga Binaan Hanya 30 MenitIlustrasi Lapas Kelas IIA Bekasi menerima kunjungan keluarga warga binaan. (IDN Times/Imam Faishal)

Hensah menjelaskan, setiap keluarga yang berkunjung wajib sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster.

"Pengunjung harus divaksin Booster," jelasnya.

Baca Juga: Lapas Bekasi Kembali Buka Kunjungan Tatap Muka untuk Warga Binaan

3. Tingkatkan pelayanan pada warga binaan

Lapas Bekasi Batasi Kunjungan Keluarga Warga Binaan Hanya 30 MenitLapas Kelas IIA Bekasi masih membatasi kunjungan keluarga warga binaan. (IDN Times/Imam Faishal)

Hensah menambahkan, pada Hari Kementerian Hukum dan HAM ke-77 RI, Lapas Kelas IIA Bekasi terus meningkatkan pelayanan yang dapat dirasakan warga binaannya.

Dia menjelaskan salah satu pelayanan yang dapat dinikmati warga binaan berupa fasilitas kesehatan secara gratis. Bahkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kota Bekasi untuk pembiayaan rawat inap warga binaan.

"Di mana kami sudah memiliki lima orang dokter yang sudah bertugas di Lapas Bekasi dan ini cukup banyak dibandingkan tempat lainnya. Artinya, pelayanan kesehatan di tempat kami lebih baik," jelas Hensah.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya