Lawan Begal, Sopir Taksi Online di Bekasi Selamat dari Maut

Korban diancam dengan karter dan obeng

Bekasi, IDN Times - Pria bernama Ujang Usman nyaris kehilangan nyawa saat melawan begal yang menyamar sebagai penumpang pada Senin, 15 Agustus 2022 dini hari.

Kejadian tersebut terjadi saat Ujang menerima orderan dari Underpass Tambun menuju Perumahan Vila Bekasi Indah. Kendati tujuannya ke Vila Bekasi, tetapi titik antarnya di depan Perumahan Taman Kintamani, Tambun Utara.

"Kejadiannya Senin, 15 (Agustus) sekira jam 02.15 WIB, karena saya sampai di titik tujuan (Taman Kintamani) jam 01.45 WIB sampai mengantar," kata Ujang saat ditemui di rumahnya di Perumahan Vila Gading Harapan, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (19/8/2022).

1. Pelaku minta Ujang menunggu adiknya

Lawan Begal, Sopir Taksi Online di Bekasi Selamat dari Mautilustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat dalam perjalanan menuju Kintamani, Ujang sempat bertanya kepada pelaku dari mana dan apa pekerjaannya. Kepada Ujang, pelaku mengaku dari Tangerang pergi ke Bekasi untuk beristirahat di rumah adiknya dan bekerja sebagai kuli bangunan.

Sesampainya di lokasi tujuan, pelaku meminta Ujang menunggu adiknya yang ingin menjemput dengan sepeda motor. Tidak lama kemudian, datang seorang pria dengan mengendarai motor Ninja yang mengaku sebagai adiknya pelaku.

"Tidak berapa lama datang motor Ninja, saya tanya ini adiknya? Dia bilangnya, ya. Yaudah saya buka jendela. Nah, ini terus orang yang katanya adiknya bayar kasih duit (ongkos)," jelas Ujang.

Baca Juga: Bocah 14 Tahun Coba Jadi Begal di Bekasi, Gagal Ditangkap Warga 

2. Ujang ditodong dengan karter dan obeng

Lawan Begal, Sopir Taksi Online di Bekasi Selamat dari Mautilustrasi kekerasan (IDN Times/Nathan Manaloe)

Setelah menerima uang dari adiknya, tiba-tiba pelaku yang duduk tepat di belakang Ujang mengancamnya dengan menodongkan karter di leher Ujang dan obeng di tangan kiri pelaku.

Ujang yang memiliki refleks yang baik, langsung memundurkan kursinya dan memegang kedua tangan pelaku.

"Terus tangan pelaku yang sebelah kiri sempet saya gigit sekeras-kerasnya, mungkin cutter dia jatuh selanjutnya tangan saya berusaha merebut obeng yang dia pegang tadi," cerita Ujang.

Setelah obengnya berhasil direbut, Ujang ke luar dari mobil. Namun, perkelahian masih berlanjut di luar mobil.

Pelaku pun ikut ke luar mobil dan mengeluarkan senjata tumpul dari pinggangnya.

"Dia ngeluarin senjata lagi tumpul entah itu pipa atau apa langsung ngantem kepala saya sampai berapa kali," kata Ujang.

Dengan kondisi kepala terluka, Ujang berusaha melawan dengan menggunakan obeng milik pelaku yang berhasil direbutnya.

"Akhirnya bergelutan sampai bengep dan saya menusuk dia menggunakan obeng sekitaran pinggang pelaku. Dalam keadaan posisi lemah," jelas pria 42 tahun itu.

3. Korban teriak sekencang-kencangnya

Lawan Begal, Sopir Taksi Online di Bekasi Selamat dari MautUjang Usman (42), korban percobaan begal di Kabupaten Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dalam kondisi lemas, Ujang berusaha meminta pertolongan kepada warga dengan berteriak kencang.

"Saya teriak sekencang-kencangnya karena memang masih pagi-pagi itu tidak ada orang," katanya.

Pelaku lainnya menghampiri mobil Ujang yang masih dalam keadaan menyala. Lalu, Ujang berusaha melawan lagi.

Baca Juga: Mahasiswa Depok Jadi Korban Begal saat Makan di Warkop, HP Dirampas

4. Ujang mendapatkan pertolongan dari remaja

Lawan Begal, Sopir Taksi Online di Bekasi Selamat dari MautUjang Usman (42), korban percobaan begal di Kabupaten Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Ujang akhirnya mendapatkan pertolongan dari sekelompok remaja yang melintas di lokasi kejadian.

"Gak lama ada anak ABG itu mau ke mana (melintas) dan membantu saya dengan berteriak. Mungkin pelaku agak panik karena ada orang yang melihatkan," jelasnya.

Perlu diketahui, pelaku yang mengaku sebagai adiknya hanya menunggu di sepeda motornya. Setelah diteriaki para remaja, para pelaku melarikan diri dan lolos dari kejaran kawanan remaja yang menolong Ujang.

5. Ujang sudah melaporkan peristiwa percobaan begal

Lawan Begal, Sopir Taksi Online di Bekasi Selamat dari MautIlustrasi Begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Selanjutnya, Ujang dengan kondisi lemas mencoba pulang dan meminta keluarganya mengantarkan dia ke rumah sakit.

Peristiwa tersebut membuat Ujang menerima 27 jahitan di bagian kepalanya, akibat benturan benda tumpul yang dilayangkan pelaku.

"(Pada hari yang sama) sorenya saya baru membuat laporan kepolisian," jelasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya