Mensos Risma Gelontorkan Bantuan untuk Khalila dan Dika di Bekasi 

Kedua anak itu membutuhkan perawatan

Bekasi, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma memberikan bantuan kepada dua anak yang membutuhkan perawatan di Sentra Terpadu Pangudi Luhur, Kota Bekasi, Selasa (4/4/2023).

Kedua anak tersebut bernama Khalila Zahra Kamila (7 tahun) dan Muhamad Dika (4 tahun). Khalila diadiagnosa mengalami VSD (Ventricular Septal Defect) yaitu adanya kebocoran pada sekat antar ventrikel jantung sejak berusia 6 bulan.

Sementara, Dika mengalami kondisi dimana kakinya sangat kecil. Kondisi ini menyebabkan dirinya belum dapat berjalan meskipun usianya sudah empat tahun.

Baca Juga: Remaja Dirudapaksa Ayah Tiri dan Tetangganya, Mensos Turun Tangan

1. Bantuan untuk medis dan pendidikan

Mensos Risma Gelontorkan Bantuan untuk Khalila dan Dika di Bekasi IDN Times/Kevin Handoko

Risma mengatakan, pihaknya memberikan bantuan sejumlah uang untuk keperluan pendidikan dan perawatan di rumah sakit.

Selain itu, pihaknya juga memberikan makanan bernutrisi, mainan anak, dan perlengkapan sekolah.

"Keluarga Khalila mendapatkan bantuan senilai Rp15,7 juta dari Kemensos dan Rp29,3 juta hasil donasi kitabisa.com," katanya.

"Sementara total bantuan yang diberikan kepada Dika dari Kemensos adalah Rp27,9 juta dan hasil donasi kitabisa.com sebesar Rp37,9 juta," tambah Risma.

2. Membujuk orang tua terapi di Sentra Kemensos

Mensos Risma Gelontorkan Bantuan untuk Khalila dan Dika di Bekasi Mensos Tri Rismaharini di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Risma juga mengatakan, pihaknya telah membujuk orang tua untuk merujuk Khalila dan Dika ke Sentra Kemensos.

“Kalau nanti di Sentra dia akan dapat makanan yang baik. Kemudian akan diterapi agar pulih lebih cepat. Tolong sekali lagi, ini demi kepentingan masa depan mereka," kata Risma.

3. Bantuan kewirausahaan

Mensos Risma Gelontorkan Bantuan untuk Khalila dan Dika di Bekasi Mentri Sosial Tri Rismaharini. (Dokumen Kementerian Sosial)

Selain bantuan untuk anak, Mensos Risma juga memberikan bantuan kewirausahaan kepada kedua orang tua anak tersebut.

Ibu kandung Khalila, Siska Amelia (27) mengatakan, dirinya juga mendapatkan bantuan satu perangkat alat cukur yang akan digunakan suaminya membuka usaha pangkas rambut.

"Dapat bantuan cukur rambut. Kan bapaknya suka buka cukur di rumah," katanya.

Bantuan kewirausahaan juga diberikan kepada ayah Dika bernama Toni (36), yang menerima bantuan modal usaha berupa motor roda tiga beserta satu paket kewiusahaan jajanan anak.

Baca Juga: Di Hadapan Polri, Mensos Paparkan Dua Strategi Penanganan Kemiskinan 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya