Modus Baru Curanmor di Bekasi, Pelaku Nyamar Jadi Mata Elang

Para pelaku memiliki data pemilik motor

Bekasi, IDN Times - Warga Kota Bekasi nampaknya harus waspada terhadap modus operandi aksi pencurian motor. Salah satu waragnya bernama Eko Yulianto (32), menjadi korban pencurian motor (curanmor) di Jalan Raya Kalimalang, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, pekan lalu, tepatnya pada 27 Mei 2022. 

Kasus pencurian ini dinilai sebagai hal baru. Sebab, pelaku yang berjumlah enam orang dengan menggunakan tiga buah sepeda motor, mengaku sebagai dept collector atau "mata elang." 

"Kemarin kan abis mengantarkan adik saya berangkat kerja, terus saya mau main dulu ke rumah teman. Terus enggak tau di belakang ada yang ngikutin saya tiga motor, boncengan semua enam orang," kata Eko kepada wartawan, Jumat (3/7/2022). 

1. Dituduh menunggak cicilan motor

Modus Baru Curanmor di Bekasi, Pelaku Nyamar Jadi Mata ElangIlustrasi tuduhan (IDN Times/Mardya Shakti)

Eko menceritakan setelah diikuti dirinya diberhentikan keenam orang tersebut. Setelahnya, komplotan pencuri ini menuduh Eko telah menunggak pembayaran cicilan motornya. 

"Saya tanya kenapa bang, katanya motornya nunggak, lah nunggak gimana orang bulan kemarin saya bayar kok, saya gituin kan. Bulan ini doang saya belum bayar, ini ada buktinya," ujar dia menjelaskan. 

Eko juga sempat mengajak keenam pelaku untuk membicarakan masalahnya ke kantor leising di mana dia menyicil sepeda motor. Namun, keenam pelaku tersebut tetap mengambil sepeda motor secara paksa. 

"Saya bilang kita ke kantor aja urusin, dia tetap maksa (ngambil motor)," bebernya. 

Baca Juga: Duda Penjual Madu Tipu Janda, Modus Pinjam Motor Ternyata Mencuri

2. Para pelaku memiliki data pribadi

Modus Baru Curanmor di Bekasi, Pelaku Nyamar Jadi Mata ElangIlustrasi data. Pixabay

Eko juga mengatakan, sepeda motor yang diambil paksa ini adalah milik dan atas nama adiknya. Namun dia heran, kenapa keenam pelaku mengetahui hal itu. Dia merasa jika pelaku memiliki data pribadi adiknya, seperti nama lengkap dan plat nomor kendaraan. 

"Kenapa kok dia bisa tau data adik saya, sedangkan adik saya nunggak cuma dua Minggu," katanya. 

3. Modus baru curanmor di Kota Bekasi

Modus Baru Curanmor di Bekasi, Pelaku Nyamar Jadi Mata ElangGambar ilustrasi aksi pencurian kendaraan bermotor (IDN Times/ ilustrasi)

Sementara, Kapolsek Bekasi Kota Kompol Shalahuddin mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari korban. Dia juga menjelaskan kejadian ini modus baru di Kota Bekasi. 

"Ya, laporan sudah kami terima. Laporan pada hari Jumat 27 Mei 2022. Hal semacam ini modus baru kalo saya baca," katanya. 

Atas laporan tersebut, Polsek Bekasi Kota masih terus menyelidiki kasus curanmor dengan modus menyamar jadi mata elang itu.

Baca Juga: Modus COD, Pria Ini Gendam dan Curi HP Korbannya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya