Pantau Pembagian BLT di Bekasi, Ridwan Kamil: Semoga Bisa Bantu Rakyat

Sebanyak 79 ribu warga Kota Bekasi menerima BLT

Bekasi, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) di Kantor Pos Kota Bekasi berjalan lancar.

"Tadi saya mengawasi pembagian BLT kebetulan di kantor ini melayani dua wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Dengan jaringan yang ada di sini ada 1000an per hari bisa dilaksanakan," kata Ridwan Kamil di Bekasi pada Selasa (20/9/2022).

Ridwan yang akrab disapa Kang Emil menjelaskan pembagian BLT BBM harus berhati-hati dan warga yang mendapatkannya harus sudah terverifikasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penerima BLT salah sasaran.

"Saya lihat sistem dari kantor pos sudah sangat canggih. Tadi saya sudah cek ada yang bawa KTP di verifikasi dulu, nanti pas bayar itu difoto. Sekali dapat Rp500 ribu," katanya.

1. 20 persen warga Jabar sudah menerima BLT

Pantau Pembagian BLT di Bekasi, Ridwan Kamil: Semoga Bisa Bantu RakyatGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ridwan mengatakan, sebanyak 20 persen warga Jawa Barat (Jabar) sudah menerima manfaat BLT. Dia berharap, warga yang menerima bantuan tersebut dapat membantu kebutuhan kesehariannya.

"Tentunya ini mudah-mudahan membantu mengurangi beban masyarakat. Untuk di Jawa Barat saat ini yang sudah menerima  banyak sekali hampir 20 persen warga jawa barat sudah menerima BLT," katanya.

Baca Juga: Viral Emak-Emak Ngamuk Tak Dapat BLT: Orang Miskin Bisa pada Mati!

2. 79 ribu warga Kota Bekasi menerima BLT

Pantau Pembagian BLT di Bekasi, Ridwan Kamil: Semoga Bisa Bantu RakyatDeputi Eksekutif General Manager Pos Indonesia Kota Bekasi, Anton Chrisna Sutantyo. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Deputi Eksekutif General Manager Pos Indonesia Kota Bekasi, Anton Chrisna Sutantyo mengatakan dari tahap 1 hingga 4 sebanyak 64 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Bekasi sudah menerima BLT BBM dan bantuan pangan non tunai (BPNT) dalam bentuk uang dari pemerintah pusat.

"Adapun jumlah alokasi untuk Bekasi Kota ini berjumlah 79.584, sampai dengan tadi malam itu sudah terserap 64.376 sehingga masih ada sisa 15.208 atau pencapaian 80 persen," jelasnya

Untuk tahap ke, lanjut Anton, pihaknya menargetkan selesai pada tanggal 30 September 2022.

3. Tahap 5 hanya mendapatkan BLT BBM

Pantau Pembagian BLT di Bekasi, Ridwan Kamil: Semoga Bisa Bantu RakyatKantor Pos Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia mengatakan untuk tahap satu hingga tahap empat warga menerima bantuan dengan nominal Rp500 ribu. Sedangkan tahap lima, mendapatkan bantuan Rp300 ribu.

"Untuk batch 1 sampai 4, total nominal itu ada Rp 500 ribu. Terdiri dari satu BLT BBM. Itu jumlahnya 300 ribu, kemudian ditambah lagi yang sembako 200 ribu. Kemudian ada lagi yg batch 5 itu hanya 300 ribu karena yang diberikan hanyalah BLT BBM tanpa ada tambahan sembakonya," jelasnya.

Baca Juga: Hore, 12 Juta KPM di 482 Kabupaten Kota Sudah Terima BLT BBM 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya