Pemprov Jabar Luncurkan Website Tryout Buat Warga Ingin Ikut CPNS

Website bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia

Bekasi, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meluncurkan website tryout daring bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bernama CASN Juara. Peluncuran website tersebut berlangsung di Hotel Santika, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan CASN Juara pada hari pertama peluncuran sudah ada belasan ribu orang, yang terdaftar mengikuti tryout online ini.

"Alhamdulillah peminatnya banyak baru, kita launching ya aplikasi calon ASN ini ada 11.000-an yang mendaftar, di sini (yang hadir) hanya sampling yang fisik saja sebagai simboli, tapi ribuan peserta lainnya sekarang di rumahnya," kata Ridwan kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga: Ratusan CPNS Mundur, Menpan RB: Proses Seleksi akan Diperketat

1. Seluruh masyarakat Indonesia bisa ikut CASN Juara

Pemprov Jabar Luncurkan Website Tryout Buat Warga Ingin Ikut CPNSPemprov Jabar luncurkan website tryout CASN. (IDN Times/Imam Faishal)

Ridwan menjelaskan, tryout online CASN ini dapat diikuti seluruh masyarakat Indonesia. Dia juga menjelaskan masyarakat cukup mendaftar melalui laman casnjuara.jabarprov.go.id dan tidak dipungut biaya.

Dia menyebut, setelah mengikuti tryout online ini masyarakat dapat mengetahui kesalahannya, dan tidak mengulangi kesalahannya saat mengikuti tes CPNS. 

"Jadi pendaftaran online, minatnya disalurkan, kemudian nanti ada skoring yang edukatif kamu kurangnya di mana, bagusnya di mana ikuti berkali-kali nanti percaya diri," katanya.

"Bagi yang mau jadi PNS ikutan CANS, biar pada pinter," lanjut Ridwan.

2. Ada lebih dari 5.000 soal

Pemprov Jabar Luncurkan Website Tryout Buat Warga Ingin Ikut CPNSPemprov Jabar luncurkan website tryout CASN. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat, Yerry Yanuar, menjelaskan di website CASN Juara terdapat lebih dari 5.000 soal untuk masyarakat yang ingin berlatih untuk tes CPNS.

"Terdapat lebih dari 5.000 soal di CASN Juara yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara gratis. Pejuang CPNS juga bisa mengakses latihan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS," kata dia.

Ridan menyebut, CASN Juara juga menyajikan pilihan soal peminatan dari 10 jabatan fungsional seperti Humas, Penyuluh Pertanian, Guru, Statitasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Terkendala Pandemik, Latihan Dasar 409 CPNS Puncak Papua Tertunda

3. Warga menyambut baik peluncuran tryout untuk CASN

Pemprov Jabar Luncurkan Website Tryout Buat Warga Ingin Ikut CPNSPemprov Jabar luncurkan website tryout CASN. (IDN Times/Imam Faishal)

Salah satu warga Bogor bernama Rani mengakui sangat terbantu dengan peluncuran CASN Juara. Sebab, perempuan 23 tahun itu berencana mengikuti tes CPNS.

"Harapannya bisa lulus (tes CPNS), karena ingin mencoba, berhubung ini juga baru selesai kuliah sih," katanya, saat ditemui seusai mengikuti tryout di Hotel Santika, Kota Bekasi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya