Comscore Tracker

Gunung Agung Erupsi Lagi, Denpasar Hujan Abu

Selain Denpasar, tiga kabupaten di Bali juga hujan abu

Karangasem, IDN Times - Erupsi Gunung Agung kembali terjadi pada Minggu (21/4) dini hari sekitar pukul 03.21 Wita. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan, tinggi kolom abu kurang lebih 2.000 meter di atas puncak.

Hujan abu dilaporkan terjadi hingga ke Denpasar.

1. Kota Denpasar terpapar hujan abu

Gunung Agung Erupsi Lagi, Denpasar Hujan AbuFoto hanya ilustrasi. (Dok. BNPB)

PVMBG menyebut, erupsi gunung setinggi 3.642 meter di atas permukaan laut ini, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG merekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi kurang lebih 2 menit 55 detik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, IB Joni Arimbawa, mengatakan erupsi tersebut juga menyebabkan hujan abu menyebar di sejumlah lokasi. Pihaknya telah membagikan masker kepada penduduk di sekitar Car Free Day Renon dan Pasar Penatih.

"Diimbau masyarakat siapkan masker di rumah masing-masing," kata dia kepada wartawan, Minggu (21/4) pagi.

Baca Juga: Gunung Agung Erupsi Sebabkan Hujan Pasir di Sejumlah Desa

2. Tiga kabupaten di Bali juga terdampak hujan abu

Gunung Agung Erupsi Lagi, Denpasar Hujan AbuDok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, sejumlah desa di Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Bangli juga turut terpapar hujan abu dengan intensitas tipis hingga tebal.

Daerah terdampak hujan abu di Kecamatan Selat, Karangasem di antaranya Bukit Galah, Sebun, Telung Bhuana, Badeg Tengah, Badeg Dukuh, Perang Sari, Geriana Kauh, Tegeh Amertha Bhuana, Pura Pasar Agung Sebudi, Banjar Pura Sebudi.

Kemudian di Kecamatan Bebandem di antaranya Banjar Nangka, Banjar Bukit Paon, wilayah Banjar Butus bagian atas, Banjar Yeh Kori Jungutan, Desa Sibetan bagian atas.

3. Status Gunung Agung masih siaga

Gunung Agung Erupsi Lagi, Denpasar Hujan AbuDok. IDN Times/Istimewa

Status Gunung Agung saat ini berada pada Level III (Siaga). Masyarakat di sekitar Gunung Agung diminta agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual dan terbaru.

Selain itu, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi.

Terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Baca Juga: Gunung Agung Mengeluarkan Lontaran Lava Pijar

Topic:

  • Dwifantya Aquina

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You