Comscore Tracker

Presiden Jokowi: Indonesia Negara Paling Bahagia di Dunia! 

Pembangunan berkelanjutan harus bermuara pada kebahagiaan

Nusa Dua, IDN Times - Saat menjadi pembicara pada acara Tri Hita Karana on Sustainable Development Forum 2018, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara paling bahagia di dunia. 

Dalam sambutannya, Jokowi menggugah kesadaran peserta dan delegasi pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Group (WBG), bahwa pembangunan berkelanjutan harus bermuara pada kebahagiaan.

1. Indonesia negara paling bahagia dan optimis lho

Presiden Jokowi: Indonesia Negara Paling Bahagia di Dunia! Ilustrasi (Unsplash.com/Larm Rmah)

Dalam forum tersebut, Jokowi bicara mengenai kebahagiaan seseorang yang sesuai dengan filosofi Tri Hita Karana. Jokowi menyebut Indonesia menempati posisi kedelapan sebagai negara yang paling bahagia di dunia. Data tersebut didapat dari survei yang dilakukan Gallup, perusahaan riset asal Amerika Serikat, di awal 2018.

"Kita mungkin bukan negara yang paling maju. Tapi kita termasuk yang paling bahagia," katanya, Kamis (11/10).

Gallup merilis bahwa Indonesia menjadi satu dari delapan negara yang paling bahagia di dunia. Berdasarkan survei itu Indonesia ditempatkan pada jajaran negara-negara paling optimistis di dunia untuk tahun yang sama. 

Senada dengan itu, survei Edelman juga menempatkan tingkat kepercayaan publik di Indonesia kepada pemerintah berada pada posisi kedua setelah Switzerland. 

Baca Juga: RI Sukses "Bungkus"  Investasi Rp202,5 T dari Pertemuan IMF-WBG

2. Begini penjelasan Jokowi soal konsep Tri Hita Karana

Presiden Jokowi: Indonesia Negara Paling Bahagia di Dunia! IDN Times/Imam Rosidin

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan tentang filosofi Tri Hita Karana dalam agama Hindu. Pertama, yakni hubungan manusia dengan manusia, keharmonisan manusia dengan Tuhannya, dan dengan alam.  

"Semuanya itu merupakan kunci dari kebahagiaan. Mari mencari tahu bagaimana hal itu bisa terjadi dengan mendatangi berbagai tempat di Indonesia," katanya.

3. Jokowi juga bicara mengenai inovasi dan teknologi internet

Presiden Jokowi: Indonesia Negara Paling Bahagia di Dunia! Pixabay

Di hari yang sama, Jokowi juga bicara mengenai perkembangan teknologi dan beragam inovasinya. Mantan Gubernur Jakarta tersebut  meminta agar perkembangan teknologi internet tidak dibatasi regulasi. Hal ini ia sampaikan dalam seminar Bali Fintech Agenda di sela-sela pertemuan IMF-WB 2018 di BICC, Nusa Dua, Bali, Kamis siang (11/10).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi ingin meniru kebijakan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton terkait perkembangan internet. Menurutnya, peraturan tersebut membawa kejayaan era internet atau internet boom. 

"Ini untuk meningkatkan kepercayaan diri para innovator tanpa harus takut apabila eksperimen gagal. Hasilnya adalah inovasi tidak hanya menciptakan kesejahteraan tapi juga landasan modern internet saat ini, “ jelasnya.

Salah satu inovasi dari perkembangan dunia internet adalah hadirnya teknologi keuangan atau financial technology (fintech).

Baca Juga: Awas! Ada Aplikasi Fintech Asal China yang Agresif Saat Tagih Utang 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You