Comscore Tracker

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di Bali

Akun @Lisaboedi dinilai telah menghina masyarakat Bali

Denpasar, IDN Times - Dianggap menghina masyarakat Bali, akun Twitter @Lisaboedi milik Lisa Marlina, dilaporkan ke polisi oleh perancang terkenal asal Bali, Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik atau yang lebih dikenal dengan nama Niluh Djelantik.

Niluh Djelantik datang ke kantor Kepolisian Daerah (Polda) Bali, Selasa (23/7) sore pukul 13.30 Wita. Ia melaporkan Lisa Marlina karena menyinggung kata "pelacuran" untuk Bali. 

Baca Juga: Sejarah Gempa Bali: Gejer Bali di Seririt Paling Besar Kerusakannya

1. Laporan dibuat setelah Niluh konsultasi dengan Ditreskrimsus Polda Bali

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di BaliIDN Times/Imam Rosidin

Niluh Djelantik datang ke Polda Bali untuk berkonsultasi ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) perihal laporan tersebut. Akhirnya laporan berbentuk Aduan Masyarakat (Dumas) Nomor Dumas/53/2019/Ditreskrimsus resmi dibuat.

"Saya sudah melaporkan dan sudah diterima oleh pihak kepolisian. Untuk proses selanjutnya, pihak penyidik akan memanggil yang bersangkutan," kata Niluh di Polda Bali.

2. Isi tweet @Lisaboedi yang menyinggung Bali

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di BaliIDN Times/Imam Rosidin

Laporan ini bermula dari tweet @Lisaboedi yang dianggap menyinggung Bali. Berikut isi tweet tersebut:

"Di Bali itu ga ada pelecehan sexual karena kl dilecehkan ya seneng2 aja, mau menyalurkan hasrat pun gampang karena pelacur dan pelacuran nya available setiap jengkal, modal sedikit dapat. Jadi ga akan ada yg dilaporin lah."

Isi tweet itu dibacakan oleh Niluh Djelantik di Polda Bali. 

3. Lisa mengaku typo, namun Niluh membiarkan para ahli untuk menilainya

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di BaliIDN Times/Imam Rosidin

Semenjak viral, kata Niluh, pemilik akun tersebut langsung mengirimkan pesan WhatsApp ke nomornya untuk meminta maaf. Di sana ia mengaku typo ketika menuliskan tweet-nya.

Niluh mengaku sudah memaafkan namun perbuatan tersebut harus dipertanggungjawabkan dan disampaikan ke pihak kepolisian. Sekarang Niluh hanya menunggu kepolisian yang menanganinya.

"Silakan sampaikan kepada pihak yang berwajib. Nanti akan ada ahli-ahli meneliti lagi apakah typo atau kekeliruan lain, itu bukan ranah saya lagi. Yang penting saya bersama pengacara dan bersama sahabat-sahabat kami sangat-sangat menjunjung tinggi keberagaman di Bali dan Indonesia," kata dia.

"Kami sudah menyampaikan apa yang kami harus sampaikan, dan untuk proses selanjutnya kita tunggu," imbuhnya.

4. Apakah ada kemungkinan mediasi?

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di BaliSumber Gambar : tmpo.co

Niluh menambahkan, laporan itu dibuat untuk memberikan pelajaran kepada @Lisaboedi. Ia menginginkan orang yang berada di balik akun tersebut mempertanggungjawabkannya secara hukum.

"Yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkan secara hukum karena ini negara hukum," ujarnya.

Apakah ada kemungkinan mediasi? Niluh hanya menjelaskan akan menyerahkan semuanya kepada kepolisian, sambil menunggu seperti apa prosesnya. Ia hanya meminta prosesnya ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

"Jadi mekanisme karena kita (sudah) melaporkan kepada pihak Dit Krimsus Polda Bali akan difasilitasi oleh pihak Polda dan semuanya ada prosesnya," kata dia.

"Kalau dia mau minta maaf kita akan minta secara tertulis dan diumumkan secara publik, kita lihat nanti dan kita tidak bisa berandai-andai. Kita minta prosesnya ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku, itu dulu," kata pemilik merek dagang sepatu Niluh Djelantik ini.

5. Lalu apa tanggapan Lisa?

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di BaliFacebook.com/niluhdjelantik

Sementara itu, Lisa Marlina saat dihubungi terkait laporan tersebut, belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Ia mengaku akan kooperatif jika nantinya akan dipanggil polisi.

"Oh gitu, ya mas saya belum bisa komentar apa-apa kalau begitu. Saya mengikuti saja alurnya dulu, bismillah. Pasti mas Insyaallah," katanya melalui pesan WhatsApp, Selasa (23/7).

6. Polda Bali segera memanggil pelapor dan terlapor

Niluh Djelantik Laporkan Akun  @Lisaboedi soal Pelacuran di BaliIDN Times/Imam Rosidin

Dihubungi terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali, Kombes Yuliar Kus Nugroho mengatakan, segera menindaklanjuti laporan Niluh. Ia akan memanggil saksi, yaitu pelapor, untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sedangkan terlapor juga akan dipanggil secepatnya.

"Dumas segera kita tindak lanjuti. Dalam laporannya itu kan tentang menyangkut kebudayaan Bali. Kita akan segera memanggil saksi dan yang bersangkutan. Sesegera mungkin kita tindak lanjuti. Kita panggil saksi dulu awal. Dari pelapor otomatis siapa yang tahu. Kita ambil keterangan dulu, benar apa tidak yang berkonflik, kan gitu," ujarnya.

Topic:

  • Sunariyah

Just For You