Comscore Tracker

Ada Gangguan Sistem, Pendaftar PPDB SMP di Denpasar Mendaftar Ulang

Jarak titik koordinat rumah ke sekolah tidak sesuai

Denpasar, IDN Times - Proses registrasi atau pendaftaran secara daring untuk proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Denpasar dimulai hari ini, Senin (24/6) mulai pukul 08.00 Wita.

Namun saat ditemui IDN Times di lapangan, ada kendala pada sistem, sehingga harus diundur pada pukul 12.00 Wita. Akibatnya, sejumlah orangtua menggeruduk Rumah Pintar di Jalan Kamboja, Denpasar Utara.

1. Jarak yang tak sesuai titik koordinat

Ada Gangguan Sistem, Pendaftar PPDB SMP di Denpasar Mendaftar UlangIDN Times/Imam Rosidin

Saat IDN Times mencoba mengakses server tersebut, muncul keterangan penundaan pendaftaran yang menyebutkan sebagai berikut:

"Berdasarkan keputusan dari Dinas Pendidikan Kota Denpasar, bahwa pendaftaran yang awalnya pukil 08.00 Wita untuk jalur siswa yang kurang mampu dan inklusi, serta jalur zonasi jarak terdekat. Diganti menjadi pukul 12.00 Wita. Hal ini dikarenakan data titik koordinat sekolah yang dikirim ke Telkom kurang sesuai."

"Sehingga data pendaftaran sebelumnya akan direset. Dan yang sudah melakukan pendaftaran, silakan melakukan pendaftaran lagi pukul 12.00 Wita. Karena pendaftaran sebelum pukul 12.00 tidak dianggap."

2. Orangtua siswa mendaftar ulang akibat gangguan sistem

Ada Gangguan Sistem, Pendaftar PPDB SMP di Denpasar Mendaftar UlangIDN Times/Imam Rosidin

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Denpasar I Wayan Gunawan membenarkan penundaan pendaftaran tersebut, karena ada gangguan sistem hingga terpaksa ditunda.

"Mohon maklum kepada seluruh masyarakat, terutama orangtua yang akan mendaftar jalur jarak terdekat. Ini karena ada sedikit gangguan sistem. Maka kami putuskan untuk pendaftaran kita mulai jam 12.00 Wita pendaftarannya," kata dia di Rumah Pintar, Senin (2/6).

3. Orangtua yang sudah mendaftarkan anaknya sejak pagi dianggap hangus

Ada Gangguan Sistem, Pendaftar PPDB SMP di Denpasar Mendaftar UlangIDN Times/Imam Rosidin

Ia mengimbau kepada semua orangtua dari jalur zonasi yang terlanjur mendaftar, agar kembali mendaftar lagi, karena pendaftaran yang dilakukan pagi tadi dianggap hangus. Sementara, pendaftaran secara daring hari ini dilayani hingga pukul 17.00 Wita.

"Bagi orangtua yang sudah terlanjur, kami minta kesediaannya untuk mendaftar kembali. Hari ini kita layani sampai jam 17.00 Wita," kata dia.

4. Orangtua merasa kecewa akibat sistem zonasi

Ada Gangguan Sistem, Pendaftar PPDB SMP di Denpasar Mendaftar UlangIDN Times/Imam Rosidin

Sementara, Gede Harnawan, orangtua siswa menceritakan pendaftaran daring memang sempat dimatikan. Ia kecewa dengan sistem yang diterapkan sekarang ini. Sebab, banyak yang mengeluhkan titik koordinat yang tak akurat. Misalnya, jarak rumah dari sekolah yang sebenarnya hanya 500 meter berubah menjadi 1.200 meter.

"Kecewa, tentu saja, karena tadi ramai banyak yang komplain karena jarak dari sekolahnya yang harus nya 500 meter, berubah menjadi 1.200 meter," ungkap Harnawan di Rumah Pintar, Senin (24/6).

5. Pemerintah dinilai kurang siap dengan sistem baru ini

Ada Gangguan Sistem, Pendaftar PPDB SMP di Denpasar Mendaftar UlangIDN Times/Imam Rosidin

Menurut Harnawan pemerintah harus mengkaji ulang dan memperbaiki penggunaan sistem pendaftaran secara daring. Dari penilaiannya, pemerintah dianggap kurang siap dengan banyaknya pendaftar pada hari pertama. Harusnya sistem dibenahi dan server diperbesar lagi.

"Sistem yang diterapkan pemerintah ini sebenarnya bagus. Cuman harus mengkaji kesiapan masyarakat untuk menerima sistem dari masyarakat, untuk menerima teknologi seperti ini, mampu apa tidak. Kalau sudah tahu yang akses akan banyak server-nya harus diperbesar lagi. Ini kan diakses berbarengan. Pemerintah belum siap dengan sistem ini juga," kata dia.

Harnawan mengaku mendaftarkan anaknya yang ketiga ke SMP Negeri 6 Denpasar untuk jalur miskin. Ia datang sejak pukul 06.00 Wita dan hingga siang masih menunggu. Untuk diketahui, di Rumah Pintar saat ini dilayani untuk mereka yang mendaftar dari jalur miskin. Selain itu, juga dibuka posko pengaduan terkait apapun dalam PPDB 2019.

Baca Juga: Perjuangan Orangtua Daftarkan PPDB: Cuti Kerja Hingga Antre Jam 5 Pagi

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You