Comscore Tracker

1 Tewas, 3 Luka Serius Dibentrokan Lapas Nusakambangan 

Situasi sudah aman sekarang 

Laporan IDN Times, Linda Juliawanti

Cilacap, IDN Times - Peristiwa tawuran antar warga binaan atau narapidana (napi) yang terjadi di Lapas Nusakambangan, Cilacap pada Selasa (7/11) pagi, menyebabkan seorang napi meninggal dunia dan tiga lainnya mengalami luka cukup serius.

Ade Kusmanto, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Dirjen Lapas saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (8/11) pagi membenarkan peristiwa tersebut dan menyebutkan seorang napi bernama Tumbur Biondy Alvian Partahi Siburian alias Ondy Bin Robert Freddy Siburian salah satu anggota kelompok Jhon Kei meninggal dunia. 

"Benar terjadi keributan di sini (Nusakambangan). Antara warga binaan dari blok tempo kamar 4 dan 5 dengan kamar b no 8,"kata Ade Kusmanto. 

Baca juga: Berkaca dari Kebakaran Lapas Banceuy, Apakah Sistem Penjara Indonesia Lembek?

1 Tewas, 3 Luka Serius Dibentrokan Lapas Nusakambangan ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Menurut Ade, pemicu keributan tersebut diduga adanya kesalahanpahaman antara kelompok di dalam lapas. Seorang warga binaan dalam kasus teroris, merasa tak suka dengan tingkah laku kelompok lainnya di dalam lapas tersebut. Bahkan keduanya sebelumnya sudah sering ribut.

"Kepala lapas langsung memerintahkan seluruh staf dan BKO untuk melakukan pengamanan dan meredam keributan yang dilanjutkan dengan menghubungi aparat keamanan," ungkap Ade.

1 Tewas, 3 Luka Serius Dibentrokan Lapas Nusakambangan ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Sekitar pukul 10.00 WIB, situasi di Lapas Klas IIA tersebut telah dapat dikendalikan setelah petugas lapas dibantu aparat keamanan melerai napi dan memasukkan kembali para napi ke dalam kamar sel masing-masing. 

Baca juga: Sindikat Narkoba di 3 Lapas Berhasil Dibongkar BNN Jatim

Topic:

Just For You