Empat Srikandi Indonesia Raih Penghargaan dari UNESCO dan L'Oreal

Hebat, hasil penelitiannya hingga ke luar negeri

Laporan IDN Times, Linda Juliawanti

Jakarta, IDN Times - Dunia medis Tanah Air terus berkembang hingga kini. Tak hanya kaum adam saja yang bisa unjuk gigi, namun kaum hawa pun kian berani. 

Untuk terus memacu semangat para Srikandi di dunia medis, L'Oreal menggandeng UNESCO memberikan penghargaan kepada empat perempuan peniliti atas semangatnya dalam memajukan dunia sains.

Baca juga: Sudah Tahu 8 Situs Warisan UNESCO Terbaik di Indonesia Ini?

Prof. Dr. Arief Rachman, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO mengatakan ajang bertajuk L'Oreal-UNESCO for Women in Science National Fellowship Awards ini telah digelar ke-14 kalinya.

"Dari penghargaan ini, Indonesia telah menghasilkan 4 pemenang international. Jumlah Peneliti ini masih sangat jauh dibanding Malaysia yang mencapai 7.000 peneliti. Kita kejar ketertinggalan ini, termasuk peran perempuan yang harus berkecimpung di dunia peneliti dan memilihnya sebagai karir mereka kedepannya," ujar Arif saat ditemui di Gedung Ristek Dikti, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11).

Empat Srikandi Indonesia Raih Penghargaan dari UNESCO dan L'OrealIDN Times/Linda

Untuk dapat meraih penghargaan ini, tambahnya, para peneliti membuat terobosan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, metodelogi dan kegunaan penelitian bermanfaat bagi orang banyak.

"Tahun ini empat perempuan peneliti brilian baru membuktikan prestasinua melalui penelitian yang akan direalisasikan untuk mengubah masa depan dunia medis di Indonesia," tutur Arif.

Sementara itu, Direktur Sistem Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti, Ira Nurhayati Djarot mengungkapkan peran perempuan semakin dibutuhkan di berbagai aspek, terutama dunia medis. 

"Berbagai penyakit baru dan mematikan muncul tanpa bisa diprediksi akibat gaya hidup dan lingkungan. Tantangan ini membutuhkan strategi khusus untuk mencegah, mengobati dan melindungi masyarakat di bidang kesehatan. Peran perempuan juga kini sangat dibutuhkan," ungkap Ira.

Empat Srikandi Indonesia Raih Penghargaan dari UNESCO dan L'OrealIDN Times/Linda

Sebagaimana diketahui, keempat perempuan peneliti hebat yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Retno Wahyu Nurhayati (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), Yulia Yusrini Djabir (Fakultas Farmasi Universitas Hassanudin), Siti Nurul Aisyiyah Jenie (Pusat Peneliti Kimia LIPI), dan Yuliati Herbani (Pusat Penelitian Fisika LIPI). 

Masing-masing perempuan peneliti ini akan mendapatkan dana sebesar Rp80 juta untuk digunakan dalam mengembangan penelitian mereka.

Baca juga: 4 Tokoh Ini Dianugerahi Gelar Pahlawan oleh Jokowi, Siapa Mereka?

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya