Waspada, Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat Ancam Wilayah Pulau Jawa

Disebabkan adanya siklon tropis 

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat khususnya di Pulau Jawa, untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang diiringi degan gelombang tinggi.

Hal ini disebabkan oleh adanya siklon tropis yang terjadi di wilayah Indonesia. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, siklon 95S muncul di selatan Jawa Tengah dengan pusat sekitar 9,6 Lintang Selatan, 109,4 Bujur Timur atau sekitar 240 km sebelah selatan barat daya Cilacap.

Waspada, Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat Ancam Wilayah Pulau Jawabmkg.go.id

Bibit siklon tropis tersebut, bergerak ke arah Utara Barat Laut dan selanjutnya berbelok ke timur.

Dalam waktu yang bersamaan, terdapat juga bibit siklon tropis 96S di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu di 6,8 Lintang Selatan, 94,2 Bujur Timur yang bergerak ke arah timur tenggara.

Bibit siklon yang berada di selatan Jawa lebih memiliki potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis.

"Bibit siklon tropis ini memberikan pengaruh terhadap cuaca di wilayah Indonesia khususnya Jawa," jelasnya. 

Waspada, Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat Ancam Wilayah Pulau Jawabmkg.go.id

Tercatat kecepatan angin maksimum sekitar 25 knot (45 km/jam) dengan tekanan terendah 1003 mb. 

Diperkirakan untuk Senin-Selasa (27-28 November) terdapat peningkatan potensi hujan lebat dan angin kencang lebih dari 20 knots di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah bagian Selatan dan Jawa Timur bagian Selatan. 

Sementara itu, potensi terjadinya gelombang tinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkirakan bakal terjadi di , Perairan Selatan Jawa Timur,Perairan Selatan Banten dan Jawa Barat, Perairan Selatan Sumbawa, Perairan Selatan Bali dan Perairan Selatan Lombok.

Sementara gelombang tinggi 2,5 meter hingga empat meter diperkirakan terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur. 
 

Topik:

Berita Terkini Lainnya