Comscore Tracker

Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari Jember

#1000MilleniaksKawalPemilu Tentukan masa depan Indonesia!

Jember, IDN Times - Indonesia, negara demokrasi yang menjunjung tinggi aspirasi rakyatnya. Pemilihan kepala negara, pemilihan wakil rakyat dari daerah hingga pusat dilaksanakan dengan sistem pemilihan umum (pemilu). Hari ini, tepat 17 April 2019 merupakan puncak dari pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia. 

Berbeda dari pemilu sebelumnya, kali ini pemilihan dilakukan secara serentak mulai dari pemilihan presiden hingga pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten, hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Perbedaan tersebut dapat dilihat jelas dari ramainya masyarakat Indonesia menjelang pemilihan umum. Berikut suasana pemilu di salah satu Desa yang berada di Kabupaten Jember

1. Suasana TPS 19 di Desa Sukorejo selama proses pencoblosan relatif ramai

Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari JemberDok. IDN Times/Imroatul Amalia S.

TPS 19 di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menyampaikan aspirasinya untuk memilih Presiden dan DPR. TPS ini memiliki 3 bilik suara yang berhadapan dengan ruang tunggu pemilih.

Denah TPS ini cukup sistematis dan tertata sangat rapi, sehingga tidak membingungkan para calon pemilih yang akan melakukan pencoblosan. Panitia KPPS juga siap sedia membantu dengan sabar kepada pemilih yang belum mengerti tata cara pencoblosan. 

2. Harapan warga yang mencoblos untuk pemerintah baru Indonesia

Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari JemberDok. IDN Times/Imroatul Amalia S.

"Semoga Indonesia rakyatnya rukun, pemerintahannya amanah, presidennya juga amanah, tidak ada korupsi, semua rakyat dapat sejahtera", kata Ifa, salah satu pemilih yang telah menunaikan haknya untuk menyampaikan aspirasinya. Ifa Nur Faidah (29 tahun) seorang guru di salah satu Sekolah Dasar menyampaikan harapannya untuk Indonesia dan pemerintah baru yang nantinya akan menjadi wakil rakyat Indonesia. 

"Pemilij kali ini rasanya saya ikut deg-degan, padahal saya gak ikutan menjadi calon presiden", tambahnya. Ifa mengatakan bahwa pemilu kali ini kesannya sangat berbeda, calon dan wakil presidennya memiliki prestasi yang banyak dan memiliki visi misi yang bagus sekali. Jadi yang terpilih nanti adalah yang terbaik untuk Indonesia.

Baca Juga: Warga Desa Genteng Wetan, Banyuwangi Semangat Kawal Pemilu di TPS 06

3. Panitia KPPS di TPS 19 Sukorejo sangat sigap membantu warga yang mencoblos

Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari JemberDok. IDN Times/Imroatul Amalia S.

Kinerja panitia KPPS di TPS 19 ini patut diacungi jempol. Para panitia dengan sigap membantu para pemilih agar tidak kebingungan saat mencoblos. Menurut panitia, terdapat 250 orang jumlah keseluruhan pemilih tetap yang telah menerima form C6. Proses pemilihan berjalan dengan tertib, karena panitia memang tidak menginginkan adanya kecurangan dalam pemilihan umum ini.

4. Proses penghitungan suara berjalan lancar dengan disaksikan oleh para saksi

Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari JemberDok. IDN Times/Imroatul Amalia S.

Pemilihan umum berjalan sesuai dengan instruksi KPU yaitu berakhir pada pukul 13.00 WIB. Para panitia KPPS beristirahat sebentar sebelum melakukan penghitungan suara. Penghitungan suara dimulai pada pukul 14.00 WIB. Proses penghitungan suara berjalan dengan baik. Para saksi juga tertib menyaksikan penghitungan suara. 

Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari JemberDok. IDN Times/Imroatul Amalia S.

Hasil dari penghitungan pemilihan presiden dan wakil presiden dimenangkan oleh pasangan no. 1, yaitu Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, dengan perolehan sebanyak 125 suara. Kemudian suara untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden H. Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yaitu sebanyak 62 suara. Terdapat 2 suara yang tidak sah karena keduanya mencoblos kedua pasangan calon presiden dan calon Wakil Presiden.

Semoga Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih nanti sesuai dengan harapan rakyat Indonesia. Suasana pemilihan umum di TPS 19 Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember berjalan dengan lancar dan baik. Bagaimana dengan TPS di daerahmu?

Baca Juga: Suasana & Hasil Perhitungan Suara di TPS 09 Menteng Bogor, Seru!

IMROATUL AMALIA SAFITRI Photo Community Writer IMROATUL AMALIA SAFITRI

As much as you can, keep dunya in your hand, not in your heart

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You