Comscore Tracker

Terakhir Terima Bantuan Februari, Belasan Warga Datangi Dinsos Tuban

Sudah mengadu ke petugas tapi tidak ditanggapi

Tuban, IDN Times - Belasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari Desa Ngrayung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mendatangi kantor Dinas Sosial (Dinsos) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Tuban, Rabu, (28/7/2021). Mereka mendatangi kantor Dinsos untuk mempertanyakan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang beberapa bulan ini belum mereka terima.

1. Pasri mengaku terakhir menerima bantuan bulan Februari lalu

Terakhir Terima Bantuan Februari, Belasan Warga Datangi Dinsos TubanBelasan warga Plumpang, Tuban mendatangi kantor Dinsos untuk mempertanyakan bantuan 7 bulan yang belum ia terima IDN Times/Imron

Pasri (45) salah satu KPM mengatakan, terkahir ia dan belasan warga Ngrayung, Plumpang menerima bantuan BPNT dari pemerintah pada Bulan Februari 2021 lalu. Setelah itu mengaku ia tidak lagi menerima BPNT. Padahal ia dan keluarga KPM lainnya terdaftar sebagai warga penerima.

"Ini bukti kartu bahwa saya terdaftar dan sebagai penerima bantuan. Tapi sudah 7 bulan ini tidak dapat mas gak ngerti kenapa kok gak dapat," kata Pasri kepada IDN Times di Kantor Dinsos.

2. Sudah adukan ke petugas TKSK tapi tidak digubris

Terakhir Terima Bantuan Februari, Belasan Warga Datangi Dinsos TubanKantor Dinas Sosial Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Sebelum mendatangi kantor Dinsos, ia dan belasan KPM lainnya sudah berupaya menanyakan hal itu ke pada petugas pendamping Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Plumpang. Namun, keluhan itu, lanjut Pasri tidak direspon oleh petugas.

"Sudah mas berkali-kali malahan. Karena tak ditanggapi akhirnya saya dan warga lainnya memberanikan diri untuk datang ke sini (kantor Dinsos) biar kami tahu kenapa saya kok tidak dapat bantuan lagi," ujarnya.

Baca Juga: Kadinsos Tuban Jawab Tudingan Risma Soal Mafia Bansos

3. Bantuan tidak bisa cair karena adanya kesalahan data

Terakhir Terima Bantuan Februari, Belasan Warga Datangi Dinsos TubanBelasan warga Plumpang, Tuban mendatangi kantor Dinsos untuk mempertanyakan bantuan 7 bulan yang belum ia terima IDN Times/Imron

Sayangnya, kedatangan belasan warga kurang mampu tersebut tidak ditemui langsung oleh kepala dinas maupun pegawai lainnya. Alasannya, para pejabat Dinsos tengah turun ke lapangan mengecek data dan melakukan perbaikan data. Mereka hanya ditemui oleh salah satu staf saja.

Sementara itu, salah satu staf Dinsos Tuban Faisal Rahman menjelaskan, data yang dipermasalahkan oleh belasan warga Plumpang tersebut sudah diperbaiki. Alasan selama ini kenapa mereka tidak menerima bantuan itu karena terdapat kesalahan data. 

"Sudah kita perbaiki kita tunggu saja ya bu pak," singkat Faisal Rahman.

Baca Juga: Buntut Kemarahan Risma Soal Bansos, Kadinsos Tuban Dipanggil Polisi

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya