Comscore Tracker

Banjir Bandang di Kabupaten Bojonegoro, Ratusan Rumah Terendam

Banjir juga merendam fasilitas umum

Bojonegoro, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bojonegoro sejak Selasa (2/3/2021) sore hingga malam hari membuat ratusan rumah di Kecamatan Gondang dan Balen tergenang. Banjir akibat luapan anak Sungai Pacal tersebut juga menggenangi fasilitas umum, seperti Puskesmas, jalan poros kecamatan.

1. Banjir yang menerjang wilayah Gondang sudah surut

Banjir Bandang di Kabupaten Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir di Kabupaten Bojonegoro. Dok. BPBD

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Nadif Ulfia mengatakan, saat ini banjir yang menerjang wilayah Gondang sudah surut. Warga yang rumahnya terendam banjir tadi malam juga mulai membersihkan rumah mereka dari material lumpur yang terbawa saat banjir melanda.

"Iya mas ada dua kecamatan yang terendam," kata Ulfia, saat dihubungi IDN Times, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Uang Milik 5 Nasabah BRI di Bojonegoro Hilang Bersamaan

2. Banjir juga merendam sawah milik warga

Banjir Bandang di Kabupaten Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir di Kabupaten Bojonegoro. Dok. BPBD

Sementara, lanjut Ulfia, banjir hingga kini masih menggenangi beberapa rumah di Kecamatan Balen. Untuk ketinggian banjir sendiri bervariasi mulai 40 hingga 60 sentimeter. Selain rumah warga, banjir yang menerjang Balen juga merendam sawah milik warga.

"Untuk di Desa Sidobandung ada beberapa dusun yang terendam seperti Dusun Mekarah, Dusun Dureg, Dusun Grabangan dan Dusun Sidobandung," ungkapnya.

3. Masyarakat diminta untuk berhati-hati saat terjadi banjir

Banjir Bandang di Kabupaten Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir di Kabupaten Bojonegoro. Dok. BPBD
Beruntung, banjir yang terjadi di Gondang dan Balen tidak menimbulkan korban jiwa. Meski begitu, Ulfia meminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati terhadap kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini.
 
"Petugas kami sudah siap siaga 24 jam, jika terjadi sebuah bencana anggota langsung turun ke lokasi. Tapi kita juga berharap agar masyarakat juga tetap waspada, jika terjadi banjir bandang sebaiknya menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman," pungkasnya.

Baca Juga: Di Bojonegoro, Densus Tangkap 3 terduga Teroris

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya