Comscore Tracker

Berdesakan Hingga Jatuh Pingsan, Vaksinasi di Lamongan Ricuh

Warga yang datang juga berasal dari luar Lamongan

Lamongan, IDN Times- Aksi saling dorong tak terhindarkan saat ribuan masyarakat Kabupaten Lamongan mengantre untuk mendapat suntikan vaksin di alun-alun Lamongan, Sabtu (28/8/2021), pagi. Kericuhan sendiri terjadi saat sejumlah warga tidak sabar dan ingin mendapatkan kartu vaksin yang dibagikan para petugas. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang jatuh pingsan hingga tak sadarkan diri. Warga yang terlanjur pingsan kemudian dibawa petugas ke ambulan yang sebelumnya disediakan oleh petugas di samping alun-alun Lamongan untuk mendapatkan perawatan.

1. Pemkab Lamongan tak menduga antusiasme masyarakat bakal setinggi itu

Berdesakan Hingga Jatuh Pingsan, Vaksinasi di Lamongan RicuhWarga saat mengantri untuk mendapatkan suntikan vaksin. IDN Times/Imron

Menanggapi aksi saling dorong yang terjadi, Kepala Dinas Kesehatan Lamongan Taufik Hidayat mengaku kaget. Ia tak menduga jika antusiasme masyarakat yang ingin divaksinasi sangat tinggi.

"Ini di luar dugaan kami. Saya sendiri memperkirakan masyarakat yang datang saat serbuan vaksinasi sedikit ternyata sangat banyak," katanya.

2. Jumlah warga yang ingin divaksinasi sangat tinggi

Berdesakan Hingga Jatuh Pingsan, Vaksinasi di Lamongan RicuhTangkap layar warga berdesakan saat vaksinasi di alun-alun Kota Lamongan. Dok Istimewa

Taufik mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan animo masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin sangat tinggi. Yang pertama selain berkaitan dengan kesehatan vaksinasi juga sebagai kebutuhan masyarakat dalam yang akan berpergian dan persyaratan bekerja di perusahaan masing-masing.

"Vaksinasi ini kan tak sekedar untuk kesehatan saja tapi juga syarat berpergian dan bekerja maka sekali lagi kita juga tidak menyangka warga yang datang sebanyak ini," imbuhnya.

3. Vaksinasi juga diikuti warga luar Lamongan

Berdesakan Hingga Jatuh Pingsan, Vaksinasi di Lamongan RicuhKepala Dinas Kesehatan Lamongan Taufik Hidayat saat memberikan keterangan kepada wartawan. IDN Times/Imron

Vaksinasi yang digelar Dinas Kesehatan Lamongan, kata dia, hanya menyediakan 3.500 dosis saja. Namun, masyarakat yang datang tiga kali lipat dari jumlah target yang disediakan. Masyarakat yang datang hari ini tak hanya berasal dari Lamongan saja. Beberapa warga juga diketahui datang dari daerah lain, seperti, Surabaya, Tuban, Gresik dan Bojonegoro.

"Tadi saya sudah berkeliling dan menemukan ada warga dari luar Lamongan yang datang ini sebenarnya yang tidak kita antisipasi," imbuhnya.

Baca Juga: Penuhi Persyaratan Kompetisi, Arema FC Vaksinasi Semua Pemain  

4. Kalah massa petugas kepolisian dibuat kewalahan

Berdesakan Hingga Jatuh Pingsan, Vaksinasi di Lamongan RicuhTangkap layar warga berdesakan saat vaksinasi di alun-alun Kota Lamongan. Dok Istimewa

Taufik menambahkan, sebenarnya polres Lamongan juga sudah menyiagakan ratusan personel polisi untuk mengamankan serbuan vaksinasi tersebut. Namun karena banyaknya warga yang datang, petugas pun akhirnya kewalahan.

"Alhamdulillah setelah kita urai, kerumunan massa sudah bisa kendalikan. Saat ini, kondisi antrean panjan sudah tidak lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Keren, Persela Lamongan Punya Bus Baru

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya