Comscore Tracker

Buaya Peliharaan Remaja Terlepas, Ditemukan Bersembunyi di Selokan

Buaya tersebut sudah satu minggu terlepas

Tuban, IDN Times- Seekor buaya peliharaan milik salah seorang remaja bernama Haikal Raditiya (15) warga Dusun Bedrek, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terlepas. Buaya itu pun ditemukan sedang bersembunyi di dalam selokan Puskesmas. Sontak, penemuan buaya yang diperkirakan memiliki panjang 2 meter tersebut mengegerkan warga yang saat itu tengah berada di Puskesmas Ponco.

1. Kapolsek Parengan membenarkan penemuan buaya tersebut

Buaya Peliharaan Remaja Terlepas, Ditemukan Bersembunyi di SelokanBuaya terlepas dari kandangnya dan bersembunyi di dalam selokan. Dok Polsek Parengan, Tuban

Kapolsek Parengan, Ipty Gunadi saat dihubungi IDN Times membenarkan penemuan buaya tersebut. Saat ini, buaya yang pertama kali ditemukan petugas Puskesmas Ponco bernama Susi tersebut telah berhasil dievakuasi dan dibawa ke kandangnya.

"Benar mas tadi siang, buaya itu terlepas dari kandangnya dan pemiliknya adalah saudara Haikal Raditiya, Alhamdulillah buaya berhasil dievakuasi sama petugas gabungan," kata Gunadi, Selasa (31/8/2021).

2. Diduga buaya tersebut lepas karena mencari makan

Buaya Peliharaan Remaja Terlepas, Ditemukan Bersembunyi di SelokanBuaya terlepas dari kandangnya dan bersembunyi di dalam selokan. Dok Polsek Parengan, Tuban

Diduga buaya tersebut terlepas dari kandangnya untuk mencari makan. Sebab, berdasarkan keterangan dari ayah pemilik buaya yang bernama Ekowanto kerap meminta Haikal Raditiya untuk memberikan makan dan juga mengontrol kondisi kesehatan buaya tersebut serta melihat kondisi keamanan kandang. 

"Buaya tersebut belum mempunyai surat konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro," jelasnya.

Baca Juga: Gak Terima Mobilnya Dihentikan, Wanita di Tuban Tabrak Polisi 

3. Buaya berhasil ditangkap menggunakan tali tambang

Buaya Peliharaan Remaja Terlepas, Ditemukan Bersembunyi di SelokanWarga berhasil menangkap buaya yang lepas dari kandangnya. Dok Polsek Parengan, Tuban

Sementara berdasarkan informasi yang diterima dari pemilik buaya, jika buaya tersebut diketahui telah lepas dari kandangnya selama satu Minggu lamanya. Pemiliknya juga telah berusaha mencari namun tidak membuahkan hasil.

Untuk evakuasi buaya sendiri, pemilik yang dibantu warga serta petugas menangkap buaya tersebut mengunakan tali tambang. Tali yang telah dipasang kemudian berhasil mengikat mulut buaya. 

"Imbauan kepada masyarakat agar hati-hati jika mempunyai hewan peliharaan tolong dijaga dengan baik jangan sampai terlepas dan membahayakan warga lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Dijuluki Pulau Buaya, Ini 5 Fakta Menarik dari Pulau Karampuang

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya