Diyakini Menyimpan Harta, Dua Makam Warga Tionghoa Dibongkar Orang

Kasus pembongkaran makam sudah ditangani polisi

Bojonegoro, IDN Times - Dua makam milik warga keturunan Tionghoa yang berada di Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, dibongkar oleh orang tak dikenal pada Jumat (16/10/2021), lalu. Diduga makam tersebut sengaja dibongkar oleh seseorang karena diyakini menyimpan harta benda yang dikubur bersama kedua jenazah.

Baca Juga: Penambang Pasir di Bojonegoro Tewas Tertimbun Longsor

1. Kasus pembongkaran makam sudah ditangani polisi

Diyakini Menyimpan Harta, Dua Makam Warga Tionghoa Dibongkar OrangGedung Mapolres Bojonegoro. IDN Times/Imron

Kapolsek Kalitidu AKP Harjo saat dihubungi membenarkan hal tersebut, saat ini kasus pembongkaran makam milik warga keturunan Tionghoa itu sedang ditangani oleh Polsek Kalitidu dan Satreskrim Polres Bojonegoro. Polisi sendiri baru mengetahui adanya makam yang dibongkar setelah mengetahuinya dari postingan warga di media sosial.

"Setelah beredar berita tentang pembongkaran makam, polisi kemudian turun dan melakukan olah tempat kejadian perkara," kata Harjo saat dihubungi IDN Times, Minggu (17/10/2021), pagi.

2. Belum ada laporan dari pihak keluarga pemilik makam

Diyakini Menyimpan Harta, Dua Makam Warga Tionghoa Dibongkar OrangMakam warga keturunan Tionghoa dibongkar orang tak dikenal. Dok Istimewa

Hingga saat ini, lanjut Harjo belum ada satu keluarga dari pemilik kuburan itu melaporkan kasus tersebut ke polisi. Meski begitu namun kasus ini sudah ditangani oleh pihak kepolisian. Adapun kedua makam yang digali oleh seseorang yang tak dikenal merupakan makam perempuan bernama Tan Sam Liak (Go Giang Nio) yang telah meninggal pada 8 Agustus 1969.

"Kalau makam milik perempuan ini sudah berusia sekitar 85 tahun dan makam satunya ini yang tidak kita ketahui identitasnya," jelas Harjo.

3. Kasus pembongkaran makam pertama kali diketahui oleh salah seorang petani

Diyakini Menyimpan Harta, Dua Makam Warga Tionghoa Dibongkar OrangIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasus pembongkaran makam warga keturunan Tionghoa sendiri baru diketahui oleh salah seorang petani setempat bernama Rasmadi. Saat itu Rasmadi yang hendak menuju sawahnya menemukan dua makam yang sudah berusia puluhan tahun tersebut terlihat seperti habis digali. 

"Ya kita menduga makam ini sengaja dibongkar karena pelaku ingin mengambil harta benda yang ada di dalam kubur ini. Tapi sekali lagi ini baru dugaan, untuk lebih pastinya kita menunggu hasil dari puslabfor Polres Bojonegoro," pungkasnya.

 

Baca Juga: Mengunjungi KHM Bedjo Dermoleksono, Masjid Bercorak Tionghoa di Malang

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya