Comscore Tracker

Festival Buah Latukan di Lamongan Kembali Digelar

Sudah ada 40 lembaga pendidikan yang mendaftar

Lamongan, IDN Times - Festival Pesta buah kembali digelar di Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Minggu (26/9/2021). Kegiatan itu, kembali digelar karena Lamongan sudah berstatus zona kuning kasus penyebaran COVID-19. Meski sudah kembali digelar, namun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut masih tetap diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. 

1. Peserta yang datang akan diberikan edukasi tentang cara menanam buah yang baik

Festival Buah Latukan di Lamongan Kembali Digelarilustrasi aneka buah (pexels.com/Abet Llacer)

Kepala Desa Latukan M Jiono menjelaskan, kegiatan pesta buah kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya. Dimana setiap peserta atau pengunjung yang hadir dalam kegiatan itu akan diberikan edukasi tentang bagaimana cara menanam buah dengan baik dan benar.

"Tahun ini bukan hanya pesta buahnya saja yang kita gebyar-kan, namun peserta yang datang juga kita berikan edukasi soal cara menanam dan memetik buah semangka,melon dan blewah," kata Jiono saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: Bebas Usai Dapat Asimilasi, Pria di Lamongan Kembali Terjerat Narkoba

2. Puncak festival buah Latukan akan dilaksanakan pada 3 Oktober

Festival Buah Latukan di Lamongan Kembali DigelarFestival buah Latukan kembali digelar di Kabupaten Lamongan. Dok Istimewa

Jiono mengatakan, pesta buah yang diadakan menjelang masa panen raya itu digelar dengan beberapa sesi. Pada sesi pertama tanggal 25 September hingga 1 Oktober khusus bagi para pelajar dan pelajar usia dini. Sementara untuk masyarakat umum digelar pada tanggal 2 hingga 3 Oktober 2021 mendatang.

"Alhamdulillah Desa Latukan bisa kembali menggelar festival buah Mudah-mudahan dengan diadakanya kegiatan ini, desa kita terus mampu memproduksi dan meningkatkan potensi yang ada di sini," jelasnya.

3. Diharapkan dapat melahirkan petani milenial di Lamongan

Festival Buah Latukan di Lamongan Kembali DigelarFestival buah Latukan kembali digelar di Kabupaten Lamongan. Dok Istimewa

Jiono mengaku, sejak festival buah Latukan dibuka kembali, sudah ada 40 lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah Lamongan yang sudah mendaftar. Kemungkinan jumlah itu terus akan bertambah mengingat puncak acara festival buah masih lama. Jiono sendiri berharap kegiatan edukasi tentang bagaimana cara menanam buah dengan baik diharapkan dapat memberikan semangat bagi anak-anak untuk mencintai dunia pertanian sehingga kelak terciptanya petani milenial.

"Sangat penting kita ajarkan kepada masyarakat terutama anak-anak karena di era sekarang ini sudah banyak anak muda yang mulai tidak menyukai dunia pertanian sehingga dengan kegiatan ini diharapkan kedepannya muncul petani-petani milenial," pungkasnya.

4. Tak hanya festival buah saja, panitia juga menggelar pameran ikan koi 

Festival Buah Latukan di Lamongan Kembali DigelarFestival buah Latukan kembali digelar di Kabupaten Lamongan. Dok Istimewa

Selain pesta buah, Desa Latukan juga menggelar pameran ikan koi yang menjadi sentra produksi ikan terbaik di Lamongan. Kegiatan ini juga menarik para kolektor ikan koi dari beberapa daerah di wilayah Jawa Timur.

"Produksi padi, buah dan juga sentra ikan koi juga ada mas dan ini merupakan bentuk kebangkitan dan kemandirian desa kita. Untuk itu dengan segala potensi desa yang kita miliki diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga, sehingga keadilan dan kesejahteraan warga dapat terwujud," pungkasnya.

Baca Juga: Punya Hak Paten, Sego Boran dan Soto Koya Sah Jadi Milik Lamongan

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya