Comscore Tracker

Gelandangan di Tuban Dievakuasi Petugas karena Terpapar COVID-19

Salim sudah bertahun-tahun tinggal di gang sempit

Tuban, IDN Times - Petugas gabungan Kabupaten Tuban, mengevakuasi seorang gelandangan atau tuna wisma bernama Salim (70). Sehari-hari, ia tinggal di gang 9, Kelurahan Sendangharjo, Kabupaten Tuban, Kamis (5/8/2021). Ia dievakuasi setelah petugas menerima laporan dari masyarakat setempat jika Salim tengah menderita sakit. Setelah dilakukan tes swab antigen, hasilnya Salim dinyatakan positif COVID-19. 

1. Salim akhirnya dibawa ke rumah sakit dr Koesma Tuban

Gelandangan di Tuban Dievakuasi Petugas karena Terpapar COVID-19Petugas Satpol PP Tuban saat mengevakuasi Salim. IDN Times/Istimewa

Salim kemudian dibawa petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan dan petugas Kelurahan Sendangharjo ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Tuban agar mendapatkan penanganan medis.

"Kami menerima laporan kemudian kita cek ternyata benar ada seorang gelandang yang tengah sakit dan hasil tes swab-nya juga dinyatakan positif COVID-19," kata Kepala Satpol PP Tuban, Hery Muharwanto.

2. Salim sudah tinggal di gang sempit selama bertahun-tahun

Gelandangan di Tuban Dievakuasi Petugas karena Terpapar COVID-19Kepala Satpol PP Tuban Hery Muharwanto. IDN Times/Imron

Hery mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima, Salim tidak mempunyai kartu identitas sama sekali. Meski begitu, sebenarnya keluarga Salim sempat beberapa kali membawanya untuk pulang.

"Tapi yang bersangkutan tidak mau kumpul dengan keluarganya dan kembali mendiami gang sempit tersebut hingga bertahun-tahun lamanya," jelas Hery. Selama tinggal di gang 9, banyak warga sekitar yang iba melihat kondisi Salim. Karena prihatin, maka banyak warga yang memberikan makanan serta minuman kepadanya.

Baca Juga: Mensos Risma Masukan Gelandangan Kerja di Waskita Karya 

3. Diketahui positif COVID-19 setelah petugas melakukan tes swab

Gelandangan di Tuban Dievakuasi Petugas karena Terpapar COVID-19Petugas Satpol PP Tuban saat mengevakuasi Salim. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Lurah Sendangharjo, Ahmad Sofyan mengatakan, Salim sudah terlihat sakit sejak beberapa hari terakhir ini. Pihak kelurahan yang menerima laporan kemudian mencoba menemui Salim dan memberikan makan.

"Pas kita berikan makan ternyata kondisi beliau lemas dan kita minta bantuan ke Dinas kesehatan agar beliau ini mendapatkan penanganan dan akhirnya dibawa ke rumah sakit," pungkasnya.

Baca Juga: Mensos Risma Minta Pegawainya Inisiatif: Jangan Diam Lihat Gelandangan

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya