Comscore Tracker

Heboh, Petani Bojonegoro Temukan Buaya Air Tawar di Tengah Sawah

Buaya yang ditangkap akan diserahkan ke BKSDA

Bojonegoro, IDN Times  - Seekor buaya air tawar atau Crocodylus novaeguinae ditemukan berkeliaran di tengah sawah Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/3/2021). Warga yang mengetahui kemunculan anak buaya tersebut kemudian melaporkannya ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran setempat. Buaya dengan panjang sekitar 1 meter tersebut akhirnya dievakuasi.

Baca Juga: Warga Sidoarjo Tangkap Buaya di Sungai, Kini Dititipkan di KBS

1. Diduga buaya peliharaan

Heboh, Petani Bojonegoro Temukan Buaya Air Tawar di Tengah SawahPetugas Damkar Bojonegoro saat mengevakuasi buaya. Dok Damkar

Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, Ahmad Adi Winarto saat dihubungi membenarkan kabar itu. Ia menduga buaya itu merupakan peliharaan warga yang sengaja dibuang di tengah sawah.

"Dugaan kami buaya tersebut merupakan buaya peliharaan. Sebab, saat kita tangkap, buaya itu nurut sekali. Orang yang pertama kali menemukan buaya itu adalah seorang petani," katanya.

2. Lokasi penemuan buaya jauh dari Sungai Bengawan Solo

Heboh, Petani Bojonegoro Temukan Buaya Air Tawar di Tengah SawahBuaya air tawar ditemukan warga di tengah sawah. Dok. Damkar Bojonegoro

Selain jinak, dugaan itu juga diperkuat dengan lokasi penemuan. Sawah milik warga itu sendiri  sangat jauh dari Bengawan Solo. Meski begitu, Adi tetap meminta kepada masyarakat setempat agar tetap berhati-hati dan segera melapor jika melihat buaya berkeliaran di sawah atau sungai.

"Kita masih belum tahu, apakah di Bojonegoro ini ada buaya atau tidak. Tapi beberapa tahun lalu, di kawasan bantaran sungai Bengawan Solo warga sempat melihat kemunculan buaya, tapi setelah kita cek buaya tersebut tidak ada" imbuhnya.

3. Buaya yang ditemukan kemudian diserahkan kepada BKSDA Bojonegoro

Heboh, Petani Bojonegoro Temukan Buaya Air Tawar di Tengah SawahPetugas Damkar Bojonegoro saat mengevakuasi buaya. Dok Damkar

Saat ini, buaya yang berhasil ditangkap petugas damkar Bojonegoro tersebut rencananya akan diserahkan kepada pihak Balai Konserevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro. Adi menjelaskan, pada saat penangkapan buaya tersebut, petugas damkar Bojonegoro tidak mengalami kendala. Buaya yang berhasil dijinakkan kemudian dimasukkan ke dalam karung.

"Alhamdulillah tiga petugas tidak kesulitan saat melakukan evakuasi dan buaya itu kita akan serahkan ke BKSDA," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Lamongan Temukan Puluhan Telur Buaya, Banyak yang Penasaran

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya