Comscore Tracker

Kurangi Jebakan Tikus, Cabup Ini Janji Perbanyak Rumah Burung Hantu

Sudah ada puluhan petani meninggal karena jebakan tikus

Lamongan, IDN Times- Calon Bupati (Cabup) Lamongan Yuhronur Efendi berjanji bakal mencarikan solusi terbaik bagi para petani di Lamongan dalam menangani hama tikus. Selama ini, petani di Lamongan hanya mengandalkan listrik untuk menghalau kawanan tikus yang merusak padi mereka.

Cara tersebut memang dinilai sangat ampuh, namun tidak sedikit dari mereka para petani yang meninggal dunia karena tersengat listrik jebakan tikus yang mereka buat.

1. Pengendalian hama bisa diatasi dengan menggalakkan program grebek tikus

Kurangi Jebakan Tikus, Cabup Ini Janji Perbanyak Rumah Burung HantuPasangan Bacabup Lamongan Yuhronur Efendi dan Abdul Rouf. IDN Times/Imron
Yuhronur sendiri menawarkan solusi terbaik dalam menangani hama tikus, di antaranya mengembalikan ekosistem, memperbanyak hewan pemakan tikus dan mengendalikan hama tikus dengan cara diobati.
 
"Ada banyak cara dalam mengendalikan hama tikus ini, ada grebek tikus, menambah jumlah rumah burung hantu dan paling penting mengembalikan ekosistem yang ada," kata Yuhronur," saat menghadiri tasyakuran panen raya di Kecamatan Karanggeneng, Sabtu (26/9/2020).

2. Puluhan petani meninggal dunia karena tersengat listrik jebakan tikus

Kurangi Jebakan Tikus, Cabup Ini Janji Perbanyak Rumah Burung HantuMantan Sekda Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Imron
Saat ini tercatat sudah ada puluhan petani Lamongan yang meninggal dunia karena tersengat aliran listrik jebakan tikus yang mereka pasangan. Untuk itu ke depannya ia berharap jangan sampai ada lagi nyawa petani yang meninggal karena hal tersebut.
 
"Jangan sampai lagi ada yang meninggal. Kita harus sejahterakan petani karena petani bagi kami adalah pahlawan yang sudah memperkuat ketahanan pangan terlebih dis masa pandemik COVID-19 berlangsung," ucapnya.

3. Kontribusi pertanin terhadap PDRB Lamongan sebesar Rp39 triliun

Kurangi Jebakan Tikus, Cabup Ini Janji Perbanyak Rumah Burung HantuCabup Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Istimewa
Yuhronur mengatakan, kontribusi pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Lamongan sebesar Rp 39 triliun lebih atau sebesar 33,86 persen. Sektor pertanian ini pula yang menjadi penopang utama perekonomian Lamongan.
 
"Jadi meskipun di masa pandemik COVID-19, sektor pariwisata, UMKM dan lainnya ini terdampak, tapi alhamdulilah pertanian tidak dan justru hasil panen petani sangat bagus dan bertambah," jelasnya.

4. Janjikan penuhi kebutuhan para petani di Lamongan

Kurangi Jebakan Tikus, Cabup Ini Janji Perbanyak Rumah Burung HantuBacabup Yuhronur dan wakilnya Abdul Rouf. IDN Times/Imron
Yuhronur Efendi pun berharap, ke depannya sektor pertanian lebih ditingkatkan dan pemerintah daerah akan mencukupi kebutuhan para petani.
 
"Pasti pupuk aman, kalau kemarin ada sedikit keterlambatan karena ada aturan regulasi pupuk antara perikanan dan pertanian. Tak lupa kami juga mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan disaat musim pandemik COVID-19," pungkasnya.

Baca Juga: Dapat Nomor Urut Tiga, Kartika: Ini Lambang Kekuatan Besar di Lamongan

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya