Kadinkes Tuban Positif COVID-19, Orang Terdekat Jalani Isolasi Mandiri

Tuban kembali masuk zona merah

Tuban, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo terkonfirmasi positif COVID-19. Bambang sekarang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Koesma Tuban. Usai dipastikan positif COVID-19, sejumlah keluarga dan teman dekat Bambang langsung diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

1. Tidak tahu tertular virus corona dari siapa

Kadinkes Tuban Positif COVID-19, Orang Terdekat Jalani Isolasi MandiriRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Tuban. IDN Times/Imron

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepat Penanganan COVID-19 Tuban, Endah Nurul Komariyati saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu persis kapan Kadinkes Tuban tertular virus corona. Namun setelah mengalami keluhan yang mirip dengan gejala COVID-19, Bambang langsung dibawa ke rumah sakit.

"Iya mas, Bapak Bambang positif COVID-19 dan sedang menjalani perawatan mulai Senin kemarin," kata Endah saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (15/12/2020).

2. Pegawai Dinkes Tuban tetap masuk seperti biasa

Kadinkes Tuban Positif COVID-19, Orang Terdekat Jalani Isolasi MandiriKantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Setelah berada di rumah sakit, Bambang kemudian menjalani tes swab dan hasilnya positif. Meski Kadinkes Tuban dinyatakan positif COVID-19, namun kantor Dinkes Tuban tidak diliburkan. Seluruh pegawai masih tetap bekerja seperti biasanya.

"Tidak ada penutupan kantor, para pegawai juga masuk seperti biasanya mas, karena Pak Bambang selama bertugas berada di ruangan berbeda dengan pegawai," imbuhnya.

Baca Juga: Pembuat Video Bagi Duit di TPS Tuban Akhirnya Dibebaskan

4. Kabupaten Tuban kembali masuk zona merah

Kadinkes Tuban Positif COVID-19, Orang Terdekat Jalani Isolasi MandiriKantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Saat ini, lanjut Endah, jumlah kasus COVID-19 di Tuban selama sepekan terakhir ini terus bertambah menjadi 1.162 orang. Bahkan Tuban kembali masuk ke zona merah. 

"Penambahan kasus COVID-19 ini, karena masyarakat abai terhadap protokol kesehatan. Baik soal pengunaan masker maupun jaga jarak," katanya. 

Dari 1.162 orang yang positif COVID-19, sebanyak 710 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 336 masih dirawat dan 116 orang meninggal dunia. Sementara pada Senin 14 Desember 2020 kemarin tercatat ada 18 pasien konfirmasi positif dan 14 orang suspek.

Baca Juga: Tuban Zona Merah Lagi, Satgas COVID-19: Banyak yang Abaikan Prokes

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya