Comscore Tracker

Kisah Petugas PPS Jalan Kaki dan Naik Perahu Demi Sukseskan Pemilu

Sungguh mulia sekali perjuangan mu, Pak!

Tuban, IDN Times - Perjuangan Hadi Sulisno sebagai Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban tidaklah mudah. Pasalnya, Hadi harus berjalan kaki dan naik perahu kecil sejauh 3,5 kilometer demi mencapai lokasi tempat ia bertugas di Dusun Dermalang.

1. Dusun Dermalang berada di tengah rawa 

Kisah Petugas PPS Jalan Kaki dan Naik Perahu Demi Sukseskan PemiluKantor Desa Mlangi. IDN Times/Imron

Akses menuju ke Dermalang sendiri terbilang sulit. Selain dusunnya berada di tengah rawa, warga yang ingin menuju ke dusun tersebut terlebih dahulu harus melewati tanggul sungai dan pematang tambak ikan yang difungsikan sebagai jalan.

"Memang untuk menuju ke Dermalang kalau musim hujan seperti sekarang kita harus berjalan kaki lewat sungai. Sungainya ya belum ada airnya," kata Hadi saat ditemui IDN Times di rumahnya, Sabtu (5)12/2020).

2. Logistik pemilu serentak tahun lalu diangkut mengunakan perahu

Kisah Petugas PPS Jalan Kaki dan Naik Perahu Demi Sukseskan PemiluHadi Sulisno sebagai Ketua PPS Desa Mlangi. IDN Times/Imron

Sedangkan jika sungai desa setempat sedang dipenuhi dengan air, lanjut Hadi, maka akses menuju ke Dermalang hanya bisa dicapai menggunakan perahu kayu. Bahkan, pada pemilu legsilatif tahun lalu, logistik pemilu terpaksa diangkut mengunakan perahu. Upaya itu dilakukan sehari sebelum pemungutan suara dilaksanakan.

"Dan itu langsung diawasi oleh polisi dan Panwascam dari Widang," imbuhnya

3. Jalan menuju ke Dermalang sudah diperbaiki oleh pemerintah Tuban

Kisah Petugas PPS Jalan Kaki dan Naik Perahu Demi Sukseskan PemiluIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebenarnya, tanggul sungai yang difungsikan sebagai jalan oleh masyarakat setempat sudah diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Jalan yang semula tanah kini sudah ditutup dengan batu kapur. Namun, pengurukan itu dirasa belum cukup karena kondisi jalan masih terjal.

"Sebenarnya kalau sekarang mau ke Dermalang itu bisa. Tapi harus mengunakan motor trail, kalau motor biasa tidak bisa," ungkapnya.

Baca Juga: Terima Logistik Pilkada, KPU Kab.Malang Langsung Lakukan Penyortiran

4. Jumlah pemilih di Dusun Dermalang hanya 170 orang

Kisah Petugas PPS Jalan Kaki dan Naik Perahu Demi Sukseskan PemiluKantor Desa Mlangi. IDN Times/Imron

Meski banyak rintangan yang kerap dihadapi, namun Hadi mengaku ikhlas. Sebab, ia merasa apa yang dilakukan merupakan bagian dari tugas negara. Hadi pun mengaku  tetap berusaha menjalaninya dengan sepenuh hati. Ia pun mengaku tak kapok meski sudah dua periode menjabat sebagai ketua PPS di Desa Mlangi.

Di sisi lain, jumlah pemilih yang berada di desa tersebut pun tak banyak. "Di Dermalang ada 170 pemilih, pemilihnya sedikit karena masyarakat yang bermukim di Dermalang hanya berjumlah ratusan orang saja. Tapi saya salut dengan kehidupan masyarakat Dermalang yang kuat bertahan hidup di tengah rawa," pungkasnya.

Baca Juga: Distribusi Logistik Pilkada Makassar Dimulai Paling Lambat H-3

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya