Lamongan Bebas dari Zona Merah COVID-19

Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan prokes

Lamongan, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kabupaten Lamongan terus mengalami tren penurunan. Tercacat, hingga 31 Agustus 2021 ini total sudah ada 5 kecamatan di Lamongan yang berada di zona hijau, sementara 22 lainnya masuk ke dalam zona kuning.

Kabag Prokopim Pemkab Lamongan Arif Bachtiar saat dihubungi IDN Times mengatakan, menurunnya kasus COVID-19 di Lamongan ini tak lepas dari peran semua pihak, baik pemerintah, TNI mampu polri.

1. 5 kecamatan zona hijau dan 22 kuning

Lamongan Bebas dari Zona Merah COVID-19Rumah Sakit COVID-19 Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Selama, lanjut Arif, berlangsungnya masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlangsung masyarakat juga sudah mulai patuh terhadap aturan yang telah diberlakukan pemerintah. Baik tidak menggelar hajatan maupun kegiatan yang mengakibatkan kerumunan massa.

"Di Lamongan sendiri terdapat 27 kecamatan dan Alhamdulillah dari 27 itu, 5 sudah berada di zona hijau dan 22 lainnya masuk kuning mas," kata Arif.

Baca Juga: Keren, Persela Lamongan Punya Bus Baru

2. Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Lamongan melampaui Jatim

Lamongan Bebas dari Zona Merah COVID-19Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan. IDN Times/Imron

Selain itu, kata Arif tingkat kesembuhan pasien COVID-19 yang dirawat dibeberapa rumah sakit di Lamongan juga telah meningkat. Total sudah ada 91,78 persen. Tentunya tingkat kesembuhan ini sangat tinggi dibandingkan angka kesembuhan di tingkat provinsi Jatim.

"Bahkan tingkat kesembuhan kita melebihi Jatim dan nasional mas yakni 91,78 persen dan mudah-mudah kesembuhan terus naik dari hari ke hari," imbuhnya.

3. Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan

Lamongan Bebas dari Zona Merah COVID-19Data penyebaran virus COVID-19 di Lamongan. Dok Dinkes Lamongan

Meski begitu, namun Arif tetap meminta kepada masyarakat Lamongan khususnya agar jangan kendor terhadap aturan protokol kesehatan COVID-19. Seperti tetap memakai masker, hindari kerumunan massa dan selalu menjaga kebersihan tubuh.

"Pesan Bapak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi setiap berkunjung ke beberapa wilayah di Lamongan selalu mengingatkan kita dan masyarakat agar jangan kendor memakai masker dan jangan bosan-bosan menerapkan protokol kesehatan itu kuncinya," pungkasnya.

Baca Juga: Berdesakan Hingga Jatuh Pingsan, Vaksinasi di Lamongan Ricuh

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya