Comscore Tracker

Nelayan Selamatkan Hiu Tutul Terdampar di Laut Paciran Lamongan

Hiu Tutul itu terdampar 3 jam di pesisir pantai

Lamongan, IDN Times - Seekor hiu tutul yang terdampar di perairan utara laut Jawa tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan pada Kamis (9/9/2021), kemarin akhirnya berhasil diselamatkan oleh puluhan nelayan setempat. Para nelayan tersebut menyeret hiu ke tengah laut menggunakan perahu tradisional.

1. Hiu yang terdampar diseret ke tengah laut

Nelayan Selamatkan Hiu Tutul Terdampar di Laut Paciran LamonganSeekor hiu tutul terdampar di perairan utara laut Lamongan. IDN Times/Istimewa

Ketua Rukun Nelayan (RN) Desa Paloh, Zainul Maarif kepada IDN Times mengatakan, hiu yang terdampar di perairan Paciran saat itu kondisinya sudah lemas. Nelayan yang merasa kasihan terhadap hewan yang mempunyai nama lain hiu paus itu akhirnya berinisiatif membawa ke tengah laut.

"Setelah berjibaku selama kurang lebih 3 jam akhirnya hiu itu pun terselamatkan dengan bantuan puluhan nelayan setempat," kata Zainul, Jumat (10/9/2021).

2. Paus yang terdampar memiliki panjang sekitar 7 meter

Nelayan Selamatkan Hiu Tutul Terdampar di Laut Paciran LamonganSeekor hiu tutul terdampar di perairan utara laut Lamongan. IDN Times/Istimewa

Zainul mengatakan, paus yang terdampar itu memiliki panjang sekitar 7 meter. Sebelum dibawa ke tengah laut untuk diselamatkan, hewan yang memiliki nama latin Rhincodon Typus itu juga sempat dijadikan tontonan masyarakat sekitar. Bahkan banyak warga setempat yang mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

"Sempat mas bahkan anak-anak yang melihat hiu yang terdampar sangat senang sekali, tapi gak lama hiu itu kita bawa lagi ke laut karena sudah lemas," jelasnya.

3. Terdamparnya Hiu Tutul ini disebabkan banyak faktor

Nelayan Selamatkan Hiu Tutul Terdampar di Laut Paciran LamonganKapal nelayan saat bersandar di pelabuhan Brondong, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Surabaya, Bidang Wilayah II BBKSDA Jatim, Dodit Ari Guntoro mengatakan, kemunculan hiu tutul ke pesisir utara Lamongan disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah makanan ikan paus yang berenang ke tepi pantai.

"Kalau secara khusus perlu dilakukan penelitian penyebab hiu tutul ini terdampar di pesisir pantai, tapi secara umum karena sekarang musim ikan-ikan kecil dan juga plankton yang mejadi makanan utama paus menepi bisa saja ini membuat paus berenang ke tepian pantai," katanya.

Baca Juga: Dalam 2 Hari, 5 Ekor Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Tulungagung

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya