Comscore Tracker

Pencarian Kapal Van der Wijck Kembali Dilanjutkan, 15 Orang Diturunkan

Pencarian juga melibatkan nelayan lokal

Lamongan, IDN Times - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan kembali melanjutkan eksplorasi untuk mencari keberadaan bagian dari kapal Van der Wijck di perairan utara Lamongan, Sabtu (16/10/2021). Pencarian Kapal yang tenggelam pada tahun 1936 kali ini melibatkan 15 orang.

1. Pencarian kedua difokuskan eksplorasi di bagian sisi kanan dan depan

Pencarian Kapal Van der Wijck Kembali Dilanjutkan, 15 Orang DiturunkanTim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur saat melihat video rekaman penampakan kapal yang diduga Van der Wijck. Dok Istimewa

Kepala Disparbud Lamongan, Siti Rubikah mengatakan, pencarian di hari kedua ini lebih memfokuskan eksplorasi di bagian sisi kanan dan depan. Sebelumnya, kata dia, pada pencarian pertama Kamis (14/10/2021) lalu tim berhasil mendokumentasi keberadaan bangkai kapal Van der Wijck di bagian belakang.

"Untuk tahap pencarian kedua ini, kemungkinan tim akan melakukan penyelaman di bagian sisi-sisi kapal dan pencarian kali ini tim kami kita tambah menjadi 15 orang," Rubikah saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon selulernya.

2. BPCB dan Pemkab juga melibatkan nelayan lokal

Pencarian Kapal Van der Wijck Kembali Dilanjutkan, 15 Orang DiturunkanKapal van der Wijck. Dok. Istimewa

Sebanyak 15 orang ini, menurut dia terdiri dari 5 orang penyelam dan 10 orang lainnya bertugas di atas kapal. Penyelaman sendiri, lanjut Rubikah, juga melibatkan para nelayan lokal. 

"Ya tentunya kita harapkan di pencarian yang kedua ini juga berhasil," ujarnya. 

Meski, pada hari pertama sudah memperoleh gambar keberadaan bagian kapal dengan jelas. Namun pihaknya hingga kini masih belum bisa memastikan apakah bangkai kapal yang ditemukan itu adalah kapal Van der Wijck. 

"Kalau pencarian pertama memang tampak sekali bahwa itu adalah bangkai kapal dan tim yang melakukan penyelaman juga melaporkan ke saya bahwa kapal tersebut saat ini dipenuhi oleh terumbu karang," jelasnya.

3. Sejak lama nelayan menduga bagian kapal itu merupakan Van der Wijck

Pencarian Kapal Van der Wijck Kembali Dilanjutkan, 15 Orang DiturunkanTim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur saat melihat video rekaman penampakan kapal yang diduga Van der Wijck. Dok Istimewa

Berdasarkan informasi yang ia terima dari masyarakat setempat di lokasi tersebut sempat dijumpai adanya bangkai kapal. Namun warga dan juga nelayan lokal tidak berani mendekat dengan berbagai alasan. "Memang dari penuturan warga atau nelayan lokal di sana ada bangkai kapal dan masyarakat juga tidak berani mendekat karena takut," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya berhasil mendokumentasikan keberadaan bagian yang diduga kuat sebagai kapal Van der Wijck. Hasil itu diketahui setelah 5 orang regu penyelam melakukan pencarian di titik lokasi kapal tersebut pertama kali hilang tepatnya di perairan utara Kabupaten Lamongan, Kamis (14/10/2021), kemarin. Bagian kapal itu berada di kedalaman 45 meter di bawah laut. Sementara titik lokasinya berada sekitar 17 mil atau sekitar 27 kilometer dari bibir pantai. 

Baca Juga: 5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di Lamongan

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya