Comscore Tracker

Pencarian Kedua Kapal van Der Wijck Berakhir, Tim Berhasil Temukan Ini

Kapaltenggelam dalam keadaan miring

Lamongan, IDN Times - Tim penyelam Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan merampungkan penyelaman di lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck. Mereka pun berhasil menemukan tangga dan juga cerobong asap yang diduga adalah bagian dari kapal Van der Wijck.

1. Kapal Van der Wijck tenggelam dalam keadaan miring

Pencarian Kedua Kapal van Der Wijck Berakhir, Tim Berhasil Temukan IniTim penyelam Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan. Dok Istimewa

Eksplorasi kapal Van der Wijck itu sendiri dipusatkan di laut utara Lamongan atau 17 mil dari garis pantai laut Paciran. Tim penyelam bisa mengamati posisi kapal dengan jelas. Kapal itu karam dalam keadaan miring dan sudah ditumbuhi terumbu karang.

"Jadi di hari kedua kami 8 orang regu penyelam berhasil menangkap gambar kapal dengan jelas. Tapi sekali lagi dibutuhkan identifikasi lanjutan oleh beberapa pakar agar bisa mengetahui dengan jelas bahwa bangkai kapal itu adalah kapal Van der Wijck," kata Arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho saat dihubungi IDN Times, Senin (18/10/2021).

2. Rabu besok tim akan menggelar pertemuan dengan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi

Pencarian Kedua Kapal van Der Wijck Berakhir, Tim Berhasil Temukan IniTim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur saat melihat video rekaman penampakan kapal yang diduga Van der Wijck. Dok Istimewa

Rencananya, lanjut Wicaksono, hasil temuan dan juga pengambilan foto bawah laut tersebut hari Rabu bakal dipresentasikan ke Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi. Setelah itu tim akan menunggu arahan dari bupati.

"Kita lihat setelah paparan Rabu besok, kalau dilanjutkan makan kami tim berserta TNI AL akan melakukan eksplorasi lanjutan bangkai kapal Van der Wijck untuk meneliti lebih lanjut," jelasnya.

3. Kapal Van der Wijck tenggelam pada tahun 1936

Pencarian Kedua Kapal van Der Wijck Berakhir, Tim Berhasil Temukan IniTim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur saat melihat video rekaman penampakan kapal yang diduga Van der Wijck. Dok Istimewa

Wicaksono menjelaskan, pada saat proses penyelaman sendiri, ada 8 orang yang turun langsung untuk mengamati keadaan di bawah laut. Dari 8 orang itu dua diantaranya adalah nelayan lokal. Saat menyelam, kondisi arus bawah laut juga dalam cuaca baik sehingga memudahkan tim dalam mengabadikan foto.

"Kita belum bisa memastikan apakah bangkai kapal itu benar kapal Van der Wijck. Tapi berdasarkan informasi dan cerita dari warga itu adalah kapal Van der Wijck yang tenggelam pada tahun 1936 silam," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di Lamongan

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya