Comscore Tracker

Pimpinan KPK Dapat Mobil Dinas Baru, Wakil Ketua MPR: Itu Wajar

Wajar diberikan karena pimpinan KPK juga pejabat negara
Tuban, IDN Times - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Jazilul Fawaid menganggap wajar dan tidak mempermasalahkan rencana pemberian mobil dinas baru bagi pimpinan dan Wakil Ketua KPK.
 
Bahkan pria yang kerap disapa Gus Jazil tersebut mengaku jika pemberian mobil dinas bagi pimpinan lembaga anti rasuah itu sudah sewajarnya. Alasannya mereka adalah pejabat negara. "Tidak masalah mereka (pimpinan KPK) memperoleh mobil dinas, kan mereka juga sama-sama pejabat negara," kata Jazil, di Tuban, Sabtu (17/10/2020).

1. Anggaran biaya mobil dinas bagi pimpinan KPK sebesar Rp3,5 miliar

Pimpinan KPK Dapat Mobil Dinas Baru, Wakil Ketua MPR: Itu WajarWakil Ketua MPR RI Jazilul, IDN Times/Imron
Adapun anggaran untuk mobil dinas bagi pucuk pimpinan KPK sendiri yang sudah disetujui oleh Komisi III DPR RI untuk tahun 2021 adalah sebesar Rp1,45 miliar.
 
Sedangkan empat Wakil Ketua KPK masing-masing dianggarkan Rp1 miliar. Sementara untuk mobil operasional lima pejabat Dewan Pengawas (Dewas) KPK masing-masing dianggarkan sebesar Rp702 juta sehingga totalnya lebih dari Rp3,5 miliar.

2. Pimpinan dan Dewas KPK juga menurutnya harus memperoleh rumah dinas

Pimpinan KPK Dapat Mobil Dinas Baru, Wakil Ketua MPR: Itu WajarIlustrasi Penyelidikan KPK (IDN Times/Mardya Shakti)
Harusnya, lanjut Jazil, pimpinan KPK dan Dewas tidak hanya mendapatkan fasilitas mobil dinas saja. Namun mereka juga harus memperoleh rumah dinas. "Yang paling penting bagi saya untuk menunjang kinerja mereka pimpinan KPK. Dewas juga perlu diberikan rumah dinas. Kalau urusan mobil berapa harganya itu sudah dihitung oleh menteri keuangan," jelasnya

3. Jazil mengaku kinerja KPK dibawa pimpinan Firli Bahuri sudah sangat baik

Pimpinan KPK Dapat Mobil Dinas Baru, Wakil Ketua MPR: Itu WajarWakil Ketua MPR RI Jazilul, IDN Times/Imron
Sementara disinggung terkait kinerja penanganan kasus korupsi yang saat ini ditangani oleh KPK era Firli Bahuri, politisi PKB ini juga mengaku ada peningkatan dari jumlah kasus.
 
"Ya kalau anggapan bahwa kinerja KPK dalam menangani kasus korupsi dibilang sedikit mengalami penurunan itu tidak benar. Kan sekarang banyak orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK," katanya

Baca Juga: Dicandai soal Mobil Dinas Rp1M, Febri Diansyah: Saya Senyum Saja

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya