Comscore Tracker

Temui Warga di Perbatasan, Kartika Janjikan Pemerataan Pembangunan 

Akan bangun jalan menuju lokasi-lokasi wisata religi

Lamongan, IDN Times - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kartika Hidayati dan Bacawabup Kabupaten Lamongan Sa'im berjanji bakal memprioritaskan pembangunan di wilayah perbatasan antar kabupaten. Seperti Lamongan, Mojokerto, dan Gresik. Hal itu dikatakannya saat menggelar napak tilas di Desa Rumpuk, Kecamatan, Mantup, Lamongan, Jumat (18/9/2020).

1. Janji buka akses jalan menuju lokasi-lokasi wisata 

Temui Warga di Perbatasan, Kartika Janjikan Pemerataan Pembangunan Bacabup Kartika Hidayati saat mengunjungi situs budaya di Desa Rumpuk, Kecamatan Mantup, Lamongan. IDN Times/Dok istimewa

Kartika menyebut, ada banyak cara yang nantinya akan dilakukan untuk memajukan wilayah perbatasan. Antara lain mengangkat potensi wisata religi dengan membuka akses jalan menuju lokasi-lokasi wisata.

"Dan kami juga meyakini masih banyak situs-situs yang akan dilahirkan untuk memperkaya khazanah budaya dan religi di Lamongan. Untuk itu, kami akan membuka akses jalan menuju ke sana," jelasnya.

2. Terdapat ratusan situs sejarah yang tersebar di 462 desa  

Temui Warga di Perbatasan, Kartika Janjikan Pemerataan Pembangunan Bacabup Lamongan Kartika Hidayati dan Wakilnya Sa'im saat menemui ratusan petani di Kecamatan Sekaran. IDN Times/Imron

Berdasarkan laporan yang ia terima, masih banyak situs yang belum dikelola dengan baik. Situs-situs bersejarah itu tersebar di 462 desa dan 12 kelurahan. Padahal, jika hal itu dikelola oleh kelompok masyarakat, maka otomatis akan menambah pendapatan dan pemasukan sebuah desa.

"Ini yang nantinya akan kami dorong supaya desa tambah maju dan dikenal oleh masyarakat luar," imbuhnya.

Baca Juga: Terganjal Kesehatan, Bacawabup Lamongan Su'udin Tak Lolos Pencalonan

3. Jika situs budaya dikelola dengan baik maka bisa mendatangkan wisatawan 

Temui Warga di Perbatasan, Kartika Janjikan Pemerataan Pembangunan Bacabup Kartika Hidayati saat mengunjungi situs budaya di Desa Rumpuk, Kecamatan Mantup, Lamongan. IDN Times/Dok istimewa

Menurut Kartika, semakin banyak situs yang muncul, tentu akan berdampak pada kunjungan para wisatawan. Baik lokal maupun dari luar Lamongan.

"Contohnya sudah ada Makam Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur yang banyak dihadiri wisatawan religi. Kalau di Desa Rumpuk ini wisatanya dikelola seperti sunan Drajat, maka pastinya kunjungan wisatawan akan meningkat," ucapnya.

4. Tampung aspirasi dari masyarakat 

Temui Warga di Perbatasan, Kartika Janjikan Pemerataan Pembangunan Bacabup Lamongan Kartika Hidayati dan Wakilnya Sa'im saat melakukan panen raya di Kecamatan Sekaran. IDN Times/Imron

Dalam kesempatan itu, Kartika juga berdialog dengan warga setempat. Berbagai aspirasi ditampung. Sebelumnya, pasangan Kartika-Saim (KarSa) juga telah bertemu ratusan petani di Desa Trosono, Kecamatan Sekaran. Para petani itu dijanjikan akan dibuatkan koperasi.

Baca Juga: Kartika-Sai'm Temui Petani Jelang Penetapan Paslon Pilkada Lamongan

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya