Jelang Asian Games, Sistem Ganjil-Genap Diperluas

204 Bus Transjakarta disiapkan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah resmi menerapkan uji coba kebijakan sistem ganjil-genap untuk kendaraan roda empat selama perhelatan Asian Games 2018. Sistem ganjil-genap diterapkan mulai pukul 06.00 hingga pukul 21.00 WIB hari Senin hingga Minggu.

"Satu minggu pertama ini merupakan bagian dari sosialisasi. Kami sudah sosialisasi melalui media sosial, sosialisasi di lapangan, bagi flyer. Sudah kami sampaikan pada masyarakat langsung," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Bambang Prihartono di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (2/7).

1. Awal Agustus resmi diberlakukan penuh 

Jelang Asian Games, Sistem Ganjil-Genap DiperluasIDN Times/Sukma Shakti

Pada minggu kedua, lanjut Bambang, akan dilakukan peringatan-peringatan terhadap kendaraan yang melakukan pelanggaran. Pada minggu ketiga dan keempat, dilakukan pengalihan arus.

"Baru setelah itu awal Agustus kami lakukan penegakan hukum. Harapan kami, dengan penerapan kebijakan tersebut nanti apa yang diinginkan panitia INASGOC bisa tercapai," imbuhnya.

2. Jumlah Bus Transjakarta ditambah selama Asian Games

Jelang Asian Games, Sistem Ganjil-Genap DiperluasANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga

Menurut Bambang, penerapan ganjil genap akan mengakibatkan banyak orang pindah ke angkutan umum. Oleh sebab itu, Kemenhub menambah jumlah Bus Transjakarta yang beroperasi selama Asian Games.

"Akibat sistem ganjil-genap ini, kami kasih tambahan 204 bus. Untuk tamu dan supporter dari hotel ke venue-venue sebanyak 80 bus. Kemudian, bus untuk tujuan wisata juga sudah ada 30-an," ujarnya.

3. Rute ganjil-genap bisa dipantau di Google Maps 

Jelang Asian Games, Sistem Ganjil-Genap Diperluas

Terkait informasi perluasan sistem ganjil-genap, kata Bambang, pihaknya telah bekerja sama dengan Google Maps supaya masyarakat tidak bingung. Kemenhub juga akan menyampaikan informasi tersebut melalui media sosial.

"Hari ini silakan coba dicek. Sudah bisa dilihat di Google Maps, mana saja rute yang bisa dilewati. Pada minggu pertama ini biasanya memang masih belum steril, nanti pas minggu kedua orang ngerti semua," ujarnya.

Berikut adalah empat titik perluasan ganjil-genap saat perhelatan Asian Games 2018.

1. Jalan S Parman-Jalan Gatot Subroto-Jalan MT Haryono-Jalan DI Panjaitan-Jalan A. Yani-Simpang Coca Cola atau Jalan Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih.

2. Arteri Pondok Indah, dimulai dari Simpang Kartini hingga Simpang Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

4. Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Socrates: Antara Sepak Bola dan Perlawanan Terhadap Diktator

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya