455 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Makassar Tiba di Tanah Air

40 kloter jemaah haji dijadwalkan pulang secara berkala

Makassar, IDN Times - Sebanyak 455 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama asal Makassar tiba di tanah air dengan selamat. Mereka terdiri dari 297 jemaah wanita dan 158 jemaah pria.

1. Jemaah haji menggunakan maskapai Garuda Indonesia

455 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Makassar Tiba di Tanah AirDok.Kemenhub

Jemaah Haji diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 00.40 waktu setempat dan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 17.25. Mereka menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airlines Boeing 747-400 dengan nomor penerbangan GA 1201 waktu setempat.

Baca Juga: 5 Fakta Kabar Adanya Hujan Es dan Banjir Landa Jemaah Haji di Makkah

2. Ramp check dilakukan untuk mengecek kelaikan pesawat

455 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Makassar Tiba di Tanah AirDok.Kemenhub

Untuk memastikan operasional pelayanan Angkutan Haji berjalan lancar, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makasar telah melakukan berbagai upaya persiapan untuk memastikan bahwa pelaksanaan kedatangan Jemaah Haji tahun 2019 berjalan dengan Selamat, Aman dan Nyaman.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Bandar Udara, Dadang Indranegara mengungkapkan semua personel terutama Inspektur penerbangan ikut membantu kelancaran kedatangan jemaah.

"Mereka juga membantu para jemaah haji turun dari pesawat untuk dimobilisasikan menuju asrama haji. Selain itu, inspektur penerbangan bidang kelaikudaraan segera melakukan ramp check pesawat untuk mengecek laik terbangnya pesawat yang membawa jemaah haji," jelasnya.

3. 40 kloter jemaah haji dijadwalkan pulang secara berkala

455 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Makassar Tiba di Tanah AirDok.Kemenhub

Secara keseluruhan, Jemaah Haji Debarkasi Makassar yang direncanakan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar berjumlah 18.092 jemaah. Mereka terbagi menjadi 40 Kloter yang terdiri dari 17 Kloter pada Gelombang I dan 23 Kloter pada Gelombang II.

Pada Embarkasi Makassar, Bandara Sultan Hasanuddin sebagai Bandara Embarkasi Utama juga melayani Jemaah Haji asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan penerbangan Embarkasi Antara Gorontalo.

Sebelumnya, jumlah Ketepatan Waktu/On Time Performance (OTP) pada masa Keberangkatan Embarkasi haji Tahun 1440 H/2019 M mencapai 100 persen.

Baca Juga: Mulai Pulang, 34 Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya