Comscore Tracker

5 Fakta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Berasal dari Keluarga Petani

Perry dilantik hari ini

Jakarta, IDN Times - Mahkamah Agung (MA) resmi melantik Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Mahkamah Agung (MA) Jakarta Pusat, Kamis (24/5).

Puluhan tahun berkarier di dunia perbankan, simak fakta-fakta Perry Warjiyo yang perlu kamu tahu.

1. Lulusan UGM dan lowa State University

5 Fakta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Berasal dari Keluarga PetaniIDN Times/Uni Lubis

Perry Warjiyo lahir di Sukoharjo, 25 Februari 1959. Dia merupakan Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1982. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar Msc dalam bidang ekonomi moneter dan internasional dari Iowa State University, Ames USA tahun 1989.

Baca juga: Perry Warjiyo Sah Menjadi Gubernur BI

Dia juga berhasil meraih gelar Ph.D di bidang ekonomi moneter dan internasional dari universitas yang sama pada tahun 1991.

2. Meniti karier dari bawah

5 Fakta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Berasal dari Keluarga PetaniIDN Times/Uni Lubis

Sebelum berkecimpung di dunia perbankan, Perry menjadi dosen pasca sarjana di Universitas Indonesia bidang Ekonomi Moneter dan Ekonomi Keuangan Internasional. Dia juga kerap menjadi dosen tamu di beberapa universitas di Indonesia.

Pria yang memiliki tiga anak dan dua cucu tersebut memulai kariernya di Bank Indonesia sejak 1984. Perry menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia. Sebelum menanjak sebagai Deputi Gubernur, Perry Warjiyo memiliki jabatan Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia.

Perry jug pernah menjadi Direktur Eksekutif selama dua tahun di International Monetary Fund (IMF) mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group.

3. Lahir sebagai anak petani

5 Fakta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Berasal dari Keluarga PetaniIDN Times/Uni Lubis

Dalam paparan di fit and proper test yang digelar di DPR beberapa waktu lalu, Perry menuturkan bahwa dirinya berasal dari keluarga petani yang hidup di desa. Sehingga, dia sudah mencecap pahit manisnya kehidupan sebagai keluarga petani hingga bisa sukses seperti sekarang ini.

4. Menghadapi kotak kosong

5 Fakta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Berasal dari Keluarga PetaniANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Perry ditunjuk sebagai calon tunggal oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Agus DW Martowardojo yang berakhir masa jabatannya pada Mei 2018. Dengan demikian, Perry tak punya lawan alias menghadapi kotak kosong.

5. Harta kekayaan mencapai Rp12,4 miliar

5 Fakta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Berasal dari Keluarga PetaniIDN Times/Uni Lubis

Harta kekayaan Perry mencapai Rp 12,4 miliar atau setara USD 29.126. Hal itu dilansir dari situs resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tertanggal 14 April 2015.

Perry memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan seluas 253 meter persegi dan 257 meter persegi di Jakarta Selatan senilai Rp 9,6 miliar.

Sedang harta bergerak yang dimiliki berupa alat transportasi dan mesin lainnya sebesar Rp 527 juta. Harta bergerak lainnya berupa logam mulia, batu mulia, serta barang-barang seni dan antik senilai Rp 612,5 juta. Kemudian, giro dan setara kas lainnya mencapai Rp 2,6 miliar.

Baca juga: DPR Tetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI Baru

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya