Api di 2 Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan Pagi Ini

Dua tangki lainnya masih dalam proses pemadaman

Jakarta, IDN Times  - Api yang membakar 4 tangki di area T-301 Kilang Balongan milik PT Pertamina di Indramayu, Jawa Barat akhirnya berhasil dipadamkan secara bertahap. Api di 1 tangki berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi, disusul 1 tangki lagi sekitar pukul 06.44 WIB, lalu 2 tangki lainnya terus dilakukan fire fighting.

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tangki T-301 H dan T-301 E. Dua tangki lainnya yaitu  T-301F dan T-301G masih terus kami kerahkan," ujar Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto, dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: BMKG Sebut Tak Ada Petir Saat Tangki Pertamina di Balongan Terbakar

1. Pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan

Api di 2 Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan Pagi IniKepulan asap hitam yang muncul dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina di Kilang Balongan, Indramayu yang masih terbakar (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan dan akan segera dimulai fire fighting kembali setelah peralatan on position, dengan sasaran 2 tangki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

"Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi," jelasnya.

2. Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api

Api di 2 Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan Pagi IniTangki minyak di Kilang Pertamina di Balongan, Indramayu terbakar pada Senin, 29 Maret 2021 (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Pada awal kejadian, kata Agus, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301 yang terdapat 4 Tanki penyimpanan BBM.

Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan foam ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api. Selain itu, mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari mobil damkar Pertamina Group dan pemda setempat.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di 2 tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," kata Agus.

3. Dirut Pertamina minta maaf pada warga Balongan

Api di 2 Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan Pagi IniIlustrasi kilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati meminta maaf kepada warga atas insiden meledaknya tangki milik perusahaan BUMN itu di Balongan, Indramayu pada Senin (29/3/2021). Akibat ledakan dan terbakarnya tangki di RU VI itu, lima warga sekitar mengalami luka berat. Mereka kini masih dirawat di rumah sakit. 

"Saya prihatin atas insiden ini dan memohon maaf kepada masyarakat. Mohon doa agar kami beserta stakeholder dapat menangani insiden ini," ujar Nicke ketika memberikan keterangan pers.

Baca Juga: 6 Fakta Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya