Arus Balik di Tol Solo ke Semarang Padat, Contra Flow Diterapkan

Contra flow diberlakukan dari KM 433 hingga GT Banyumanik

Semarang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan peninjauan jalur darat mulai Madiun hingga Semarang. Hasilnya, dari Madiun hingga Solo kondisi lalu lintas relatif lancar, namun dari Solo ke Semarang mulai terjadi kepadatan. Menhub memprediksi puncak arus balik terjadi hari ini.

“Kami tadi mulai dari Madiun, ke Solo, ke Salatiga, sampai ke Semarang. Apa yang terjadi dari arah Surabaya ke Solo itu praktis landai dan lancar. Sementara, dari Solo ke arah Semarang mulai terjadi kepadatan. Sore ini diskresi contra flow diterapkan pada KM 433 ruas Tol Semarang-Bawen akibat kepadatan kendaraan dari arah Solo menuju ke Semarang,” kata Budi di Gerbang Tol Banyumanik, Sabtu sore (8/6).

Budi menjelaskan, Sabtu (8/6) kemarin menjadi puncak arus balik yang semula diantisipasi pada Minggu (9/6). Sebab itu, kegiatan contra flow mulai diberlakukan.

1. Ada beberapa tanjakan rawan di ruas Tol Semarang-Bawen

Arus Balik di Tol Solo ke Semarang Padat, Contra Flow DiterapkanIDN Times/Margith Juita Damanik

Budi mengimbau kebijakan contra flow di ruas Tol Semarang-Bawen dilakukan dengan hati-hati. Sebab, terdapat beberapa tanjakan yang dianggap rawan.

"Saya mengapresiasi Pak Dirlantas dan tim melakukan komunikasi, di ruas tol ini ada dilema karena ada beberapa tanjakan. Jadi kami lakukan secara hati-hati, karena kalau langsung dilakukan secara drastis itu ada suatu luncuran mobil yang mungkin susah terkendali," tutur dia.

Baca Juga: 3 Strategi Menhub Lancarkan Arus Balik Lebaran 2019

2. Angka kecelakaan tahun ini menurun

Arus Balik di Tol Solo ke Semarang Padat, Contra Flow DiterapkanIDN Times /Helmi Shemi

Budi juga menyampaikan evaluasi sementara terkait penyelenggaraan arus mudik 2019. Menurut dia, angka kecelakaan dan korban meninggal akibat kecelakaan menurun drastis. Namun, hal ini tetap diantisipasi dan tidak boleh lengah. Sebab, arus balik Lebaran 2019 masih berlangsung beberapa hari ke depan.

"Yang sangat signifikan adalah kecelakaan turun dan korban meninggal turun drastis kurang dari 50 persen. Tapi kita tidak boleh lengah karena masih ada beberapa hari lagi untuk kembali ke Jakarta dan Jawa Barat, kita harus melakukannya dengan konservatif," kata dia.

3. Contra flow diberlakukan dari KM 433 hingga GT Banyumanik

Arus Balik di Tol Solo ke Semarang Padat, Contra Flow DiterapkanDok. Jasa Marga

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksa mengatakan contra flow diberlakukan dari KM 433 hingga GT Banyumanik. Sementara, sistem one way akan diterapkan secara situasional mengikuti perkembangan kepadatan arus lalu lintas di ruas tol.

"Hari ini sudah mulai nambah lonjakan dari Solo menuju ke Jakarta, ada peningkatan. Sehingga kami lakukan contra flow mulai dari KM 433 Ungaran sampai ke GT Banyumanik. Kalau arusnya masih deras, kami terapkan one way secara situasional. Kami sekarang masih contra flow dulu. Saya kira contra flow sudah cukup efektif," papar Rudi.

Baca Juga: Arus Balik, Jalur Salatiga-Semarang Macet Parah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya